Sekertaris IBI ; Pelayanan DAS Sekaligus Pengarahan Pada Bidan Daerah

SINTANG-Sekertaris Pengurus Daerah Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Kalimantan Barat, Mariani mengatakan, kegiatan pelayanan KB Daerah Aliran Sungai (DAS) sangat baik.

Selain bisa menjangkau calon akseptor di wilayah sungai, juga sekaligus melakukan pengarahan pada bidan yang mengikuti pelayanan disetiap titiknya.

“Bidan yang mengikuti pelayanan KB DAS harus sudah melaksanakan pelatihan Cotraception Technology Update (CTU) yakni salah satu pelatihan yang seharusnya diikuti oleh bidan, sebagai salat satu syarat bagi bidan untuk memberikan pelayanan kontrasepsi IUD dan Implan,” kata Sekertaris IBI Kalbar, Mariani, Minggu (20/9).

Mariani menjelaskan sekarang ini mereka harus ada kompetensinya, mereka yang sudah dilatih ada kriteria yang harus dilakukan untuk mendapatkan sertifikasi tersebut.

Tetapi rata-rata bidan yang sudah melakukan pelayanan telah mendapatkan pelatihan CTU.

Dikegiatan ini ia juga sekaligus memberikan petunjuk seperti yang sudah diharuskan, paling tidak sesuai dengan yang didapatkan waktu pelatihan. Kasat dia lagi, meskipun ada teori pengalaman juga diperlukan dalam memberikan pelayanan.

Ia melanjutkan, sebelum dilakukan pelayanan KB DAS pihak IBI telah melakukan rapat bersama BKKBN. Dari rapat tersebut telah ditentukan lokasi-lokasi yang akan dituju. Sehingga IBI menyurati wilayah yang akan dikunjungi pelayanan KB DAS.

“Kami telah menyampaikan akan ada kegiatan pelayanan KB DAS pada Kabupaten Kubu Raya, Sanggau, Sekadau, Sintang dan Kapuas Hulu, itu sudah kami koordinasikan semua,” katanya.

Persebaran bidan saat ini sudah mencapai daerah terpencil. Hingga pelayanan kepada masyarakat dipastikan akan ada. Termasuk pada daerah yang terpencil sekalipun pasti ada bidan. Hanya kemungkinan jarak Polindes yang jauh sehingga masyarakat memilih yang lebih dekat.(iza)

error: Content is protected !!