Sekjen Kemenkes RI Kunjungi RSUD Syarif Mohamad Alkadrie

Walikota Pontianak mendampingi Sekjen Kemenkes RI saat berkunjung ke RS Kota. foto Istimewa

PONTIANAK – Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Sekjen Kemenkes RI), Oscar Primadi melakukan kunjungan kerja ke Rumah Sakit Unit Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie di Jalan Kom Yos Sudarso, Pontianak Barat. Kunjungan tersebut disambut oleh Walikota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, anggota DPR RI dari dapil Kalbar yang membidangi masalah kesehatan dan ketenagakerjaan, Alifuddin dan direktur RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie, Johnson, pada Kamis (30/7).

Oscar mengunjungi berbagai fasilitas kesehatan yang ada di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie. Dia mengatakan bahwa di masa pandemi Covid-19 banyak hal yang harus diperhatikan dalam sektor kesehatan. Termasuk dalam penganggaran untuk pembangunan fasilitas kesehatan.

“Nanti pemanfaatan anggaran yang sedang diproses oleh teman-teman di daerah terkait dengan perencanaan-perencanaan pembangunan fasilitas kesehatan itu harus benar dan tepat sasaran. Harus didesain betul demi memberikan pelayanan kepada masyarakat,” katanya, Kamis (30/7).

Menindaklanjuti rencana pembangunan rumah sakit di Pontianak bagian Utara, Oscar Primadi mengatakan hal itu sangat penting untuk dilaksanakan. “Karena akses terhadap layanan kesehatan semua rakyat berhak untuk mendapatkannya. Untuk itu saya mengapresiasi rencana ini. Semoga dapat direncanakan dengan matang, baik dari sisi ekonomis, efisiensi dan efektivitasnya,” katanya.

Terkait pandemi Covid-19, ia berpesan agar warga Pontianak tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Ia juga mengingatkan bahwa Covid-19 nyata dan masih ada di sekitar kita. “Karena kalau sudah sampai pada situasi yang kritis, akan sulit untuk menyembuhkannya. Untuk yang masih sehat jagalah kesehatan. Jaga jarak, cuci tangan, dan pakai masker,” tambahnya.

Ia memuji kebijakan yang diambil oleh walikota dalam pemulihan ekonomi kota dan menjaga keselamatan warga Pontianak yang dinilai sudah cukup optimal. “Tinggal sekarang masyarakat yang harus patuh kepada himbauan petugas dan pemerintah,” katanya.

Dari sisi politik anggaran, Alifuddin sebagai anggota DPR RI dapil Kalbar, menegaskan sudah tugasnya untuk menyerap segala aspirasi yang ada dan diperjuangkan. Anggota DPR yang duduk di komisi XI mengatakan bahwa komisinya sedang berusaha mengolah anggaran untuk pelayanan kesehatan, termasuk insentif untuk tenaga kesehatan yang berperan dalam menangani pandemi Covid-19. “Alhamdulillah sekarang sudah mulai cair,” tambahnya.

Di singgung perihal pembangunan rumah sakit baru di Pontianak bagian Utara, Edi Rusdi Kamtono enggan menjawab lebih lanjut. “Yang penting warga kota sehat. Rumah sakit siap untuk melayani,” pungkasnya. (sti/aris)

loading...