Momentum Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-61
Selamatkan Uang Negara Hingga Kejar Para Buronan Kelas Kakap

Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat Masyhudi menyampaikan sejumlah capaian kerja selama 2021. Ini disampaikan untuk memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) Ke-61 dan HUT Ke-XXI Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Adhyaksa (IAD).

Sejumlah capaian penting diraih Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat selama kurun waktu Januari hingga Juli 2021. Di antaranya pada bidang Pidana Khusus, telah melakukan  penyelidikan sebanyak 28 kasus, penyidikan sebanyak 48 kasus,  penuntutan sebanyak 43 Kasus dan Penyelamatan Keuangan Negara sebesar Rp.5.194.819.391,56.

Sedangkan Bidang Pidana Umum, setidaknya ada 2.309 SPDP, hukuman mati  sebanyak dua perkara, hukuman seumur hidup sebanyak lima perkara dan Karhutla satu perkara (perorangan).

Sementara itu, bidang intelijen telah berhasil melakukan penangkapan buronan yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) sebanyak lima orang.

Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, menyelesaikan Surat Kuasa Khusus (SKK)  tiga SKK yang Litigasi dan satu SKK Non Litigasi. Selain itu juga melakukan Pemulihan Keuangan Negara Rp.3.414.470.454,31.

Untuk Bidang Pembinaan, telah melakukan pembinaan terhadap pegawai Atau jaksa sebanyak 795 orang yang terdiri dari jaksa sebanyak 501 orang, TU sebanyak 294 orang dan PPNPN sebanyak 546 Orang.

Sementara Bidang Pengawasan, telah menjatuhkan hukuman disiplin terhadap Jaksa dan Tata Usaha yang melanggar Disiplin PNS sesuai dengan PP 53 Tahun 2010. Di antaranya hukuman sedang dan tata usaha sebanyak tiga orang, hukuman berat sebanyak tiga orang, dua orang diberhentikan dengan hormat tidak atas kemauan sendiri dan satu orang diberhentikan tidak dengan hormat.

Dikatakan Masyhudi, dirinya diberikan kewenangan untuk memutasi pegawai (Jaksa dan Tata Usaha) di lingkungan wilayah kerjanya terhadap Jaksa dan Tata Usaha baik yang dinilai berkinerja  baik dan berprestasi maupun yang dinilai telah melanggar peraturan pegawai negeri sipil.

Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-61 pada tahun 2021 ini mengambil tema “Berkarya Untuk Bangsa”, tema tersebut relevan  dengan situasi dan kondisi pada pada saat ini, di mana sejak Maret 2020 hingga saat ini Indonesia dan negara-negara lain di dunia telah mengalami bencana wabah Virus Covid-19.

Khusus di Indonesia jumlah terkonfirmasi positif jumlahnya semakin meningkat, sementara fasilitas Kesehatan tidak mencukupi. “Dalam situasi dan kondisi seperti inilah, kewajiban kita bersama sebagai anak bangsa untuk memberikan karya nyata terhadap bangsa dan negara,” kata Masyhudi.

Adapun bentuk nyata kepedulian insan Adhyaksa, Panitia Hari Bhakti Adyaksa ke 61 tahun 2021 Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat telah melaksanakan kegiatan yang lebih difokuskan pada kegiatan sosial, karena manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Adapun rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan, dalam rangka memperingati Hari Bahakti Adhyaksa ke 61 tahun 2021 di antaranya, melaksanakan Anjangsana dan penyerahan paket sembako kepada Yayasan dan panti asuhan, seperti Yayasan, Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Amal Jariah  Jl. Sekunder C,Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, Panti Asuhan Hidatul Muslimin, Jalan parit sembin, Parit Baru, Kec. Sui Raya, Kab. Kubu Raya, Panti Asuhan An Nashroh, Jalan Usaha Bersama, Sungai Rengas, Kecamatan . Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya.

Masjid Al Haq Anak Asuh, Jalan Usaha Baru, Sungai Rengas, Kec. Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Panti Asuhan Abdi Agape jalan Gusti Situt Mahmud, Gg. Selat Sumba 3, Central Siantan, Pontianak, Panti Asuhan Ar-Ridho, Gg. Teluk Batang, Siantan Hilir, Pontianak Utara, Kota Pontianak.

Rumah Singgah Khatulistiwa Berbagi, Jalan Untung Suropati, Jalan Palapa, Kota Pontianak, Yayasan Ar Rahmah (tunanetra) Jalan Seram, Kota Pontianak, dan pembagian sembako di Sungai Kapuas. (arf)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!