Seleksi Direktur PDAM Tirta Raya

UJI KELAYAKAN: Sebanyak 8 peserta mengikuti uji kelayakan dan kepatutan untuk menjadi direktur PDAM Tirta Raya Kubu Raya.Ashri

SUNGAI RAYA – Sebanyak delapan peserta, mengikuti seleksi uji kelayakan dan kepatutan untuk menjadi Direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Raya Kubu Raya periode 2019-2024, Selasa (3/9) di Aula Kantor Bupati Kubu Raya.

Asisten Perekonomian Pembangunan dan Kesejahtraan Rakyat Kubu Raya, Lugito menerangkan, sebelumnya usai memberikan pengumuman perekrutan Direktur Perumda Air Minum irta Raya Kubu Raya, terdapat sebanyak 12 pendaftar, namun setelah dilakukan seleksi administrasi sebanyak 4 pendaftar dinyatakan tidak bisa melanjutkan ke seleksi selanjutnya lantaran belum memenuhi semua persyaratan administrasi yang telah ditentukan.

Adapun 8 orang yang lulus tahap administrasi tersebut seperti Urai Wisata, M. Taufik, Ramli, Zainal Abidin, Mula Putra, Roy Petrus Manurung, Sukardani dan Zainul Arifin.

“Delapan orang yang berhak mengikuti seleksi selanjutnya seperti seleksi kelayakan dan kepatutan ini adalah orang-orang pilihan yang sebelumnya memang mempunyai pengalaman dalam memimpin sebuah perusahaan dan sejenisnyaa,” kata Lugito, usai memantau proses seleksi uji kelayakan dan kapatutan calon Direktur PDAM Tirta Raya Kubu Raya.

Untuk menentukan pemimpin Perumda Air Minum Tirta Raya, kata Lugito ada tiga jenis seleksi yang dilakukan Pemerintah Kubu Raya, mulai dari seleksi uji kelayakan dan kepatutan, seleksi pskilogi dan seleksi wawancara.

Dalam menyeleksi peserta terbaik lanjutnya, Pemerintah Kubu Raya juga telah menyiapkan tiga tim penguji independen yang berlatar belakang akademisi dan psikolog. Tiga penguji tersebut yakni DR. Rosyadi, SE, M.Si dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura, DR. T. Hari Wibowo, ST, MT. IPM dari Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura dan Rika Indarti S. Psi, M. Psi dari PT Persona Optima Indonesia.

“Hari ini tes yang dilakukan berupa penulisan makalah dan rencana bisnis. Jadi para peserta ini akan membuat makalah yang salah satu isinya apa yang akan dilakukan jika mereka nanti duduk menjadi direktur Perumda Air Minum Tirta Raya Kubu Raya,” ungkapnya.

Selanjutnya pada Rabu (4/9), para peserta tersebut akan mengikuti psikotes. “Jadi kami ingin dari hasil psikotes tersebut, bisa melahirkan siapapun yang terpilih sebagai direktur PDAM Tirta Raya Kubu Raya, dia memang layak dan memenuhi semua kebutuhan dan kriteria untuk memimpin dan memajukan PDAM Tirta Raya Kubu Raya,” ungkapnya.

Usai mengikuti psikotes, pada Kamis (5/9) selanjutnya para peserta tersebut akan memprasentasikan makalah dan rencana bisnis yang telah dibuat dan kemudian akan mengikuti seleksi wawancara oleh tim penilai. Jadi nantinya setiap peserta akan diwawancara mengenai kemampuan berkaitan dengan pelayanan air bersih, kemampuan dalam mengelola perusahaan untuk lebih maju ke depan dan sejenisnya.

Pada Psikotes ini dibutuhkan untuk melihat sejauh mana para peserta ini memiliki kemampuan kapasitas diri yang baik untuk memajukan perusahaan. “Dari tes ini nantinya akan kelihat sejauh mana motivasi mereka untuk memaajukan perusahaan yang akan dipimpin,” ungkapnya.

Intinya lanjut dia, dengan seleksi terbuka yang dilakukan, diharapkan bisa mendapatkan seorang pemimpin atau direktur Perumda Air Minum Tirta Raya Kubu Raya yang profesional dan mampu memajukan pelayanan air bersih di Perumda Air Minum Tirta Raya Kubu Raya. “Kami harap dengan dipimpin oleh orang terbaik nantinya akan bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dan ada kepuasan dari masyarakat terhadap pelayanan air bersih yang diberikan,” ungkapnya.

Setelah mengikuti seleksi wawancara yang dilakukan tim seleksi dari kalangan profesional, dan mendapatkan tiga peserta terbaik. “Tiga terbaik ini nantinya akan kembali diwawacara langsung oleh pak bupati. Jadi nanti pak bupati akan menentukaan 1 orang dari tiga orang terbaik yang sudah lulus tahapan seleksi sebelumnya,” jelasnya.

“Tentunya kita sama-sama berharap siapapun yang nantinya duduk menjadi direktur Perumda Air Minum Tirta Raya Kubu Raya, dia adalah orang yang mampu memajukan perusahaan dan membawa peningkatan pelayanan air bersih di Kubu Raya menjadi lebih baik dari sebelumnya,” pungkasnya. (ash)

Read Previous

Cegah Stunting Masa Kehamilan

Read Next

Berdamai di Mapolsek Ngabang

Tinggalkan Balasan

Most Popular