Seleksi Dirut PDAM Harus Transparan

PONTIANAK-Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak bakal melakukan seleksi untuk tiga jabatan direktur utama dan dua calon direktur di bidang keuangan dan pelayanan.

Ketua DPRD Kota Pontianak Satarudin minta dalam proses seleksi penerimaannya dilakukan transparan dan dibuka ke publik.

“Saya berharap dalam penerimaan dua calon direktur dan satu direktur utama PDAM dilakukan dengan transparan dan terbuka. Setelah nama-nama calon muncul kami meminta untuk segera diumumkan. Sehingga masyarakat Kota Pontianak bisa mengetahui calon-calon direktur keuangan, pelayanan dan direktur utama PDAM,” tegas Ketua DPRD Kota Pontianak Satarudin.

Dia ingin orang yang melamar di tiga jabatan ini mengerti dengan masalah manajemen air dan PDAM. Menurutnya proses pencarian Dirut utama PDAM tidak bisa dilakukan sembarang. Karena persoalan air bersih di Kota Pontianak cukup pelik.

Dalam proses seleksi, DPRD berhak tahu siapa nama-nama calon dirut yang maju. Pasalnya PDAM merupakan bagian dari perusahaan daerah. APBD Kota Pontianak setiap tahun selalu mengucur ke PDAM.

“Apapun keputusan Wali Kota kami terima, tapi kami berharap orang yang akan masuk di jabatan tersebut kompeten di bidangnya,” katanya.

Satar menyebutkan masalah yang dihadapi PDAM Kota Pontianak terbilang rumit. Setiap tahun akan menghadapi kendala air asin. Sehingga direktur yang baru diharapkan bisa mengatasi agar masalah tersebut tidak berulang.

Menurutnya setelah selesai proses pendaftaran nama-nama pendaftar calon direktur mesti diumumkan. Sehingga masyarakat bisa menilai nama-nama tersebut. Bila diperlukan menurutnya dilakukan uji publik.

“Kita perlu tahu track record calon direktur PDAM, kita minta pengumuman nama dan uji publik terbuka,” katanya.

Ia menyampaikan sejauh ini masih belum terlihat nama-nama pengisi jabatan tersebut. Setelah penutupan dirinya meminta nama-nama pelamar direktur PDAM diumumkan. Dirinya berharap tim seleksi bisa benar-benar memenuhi kualifikasi pelamar.(iza)

loading...