Semangat Nasionalisme Pemuda Lewat Dialog Kebangsaan

DIALOG: Organisasi Indonesia Bersuara Kalimantan Barat menghelat Dialog Wawasan Kebangsaan pada Sabtu (24/8) di Pontianak. ISTIMEWA 

Indonesia Bersuara Kalimantan Barat Helat Dialog

Organisasi Indonesia Bersuara Kalimantan Barat menghelat Dialog Wawasan Kebangsaan dengan tujuan menumbuhkan semangat nasionalisme pemuda terlebih pada momentum ulangtahun ke-74 Republik Indonesia.

RIESALA ANVAR, Pontianak

MENGUSUNG tema “Membangun Paham Kebangsaan Upaya Meneguhkan Kedaulatan, Karakter, dan Kepribadian Pemuda Indonesia”, Dialog yang diselenggarakan dalam rangka merefleksi HUT ke-74 Republik Indonesia itu digelar pada Sabtu (24/8), di Cafe What’s Up Pontianak.

Ketua Indonesia Bersuara Kalimantan Barat, Najib Amrullah menjelaskan, bahwa dialog yang digelar hari ini bertujuan menumbuhkan semangat nasionalisme pemuda, terlebih pada momentum HUT ke-74 Republik Indonesia. Dirinya menerangkan bahwa dialog kebangsaan ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Indonesia Bersuara Kalimantan Barat dalam memperingati kemerdekaan.

“Tujuannya menumbuhkan semangat nasionalisme pemuda pada momentum HUT ke-74 Republik Indonesia. Dialog Wawasan Kebangsaan merupakan satu di antara rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Indonesia Bersuara Kalimantan Barat dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan Republik Indonesia. Sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan bagi-bagi bendera gratis sebanyak 74 helai kepada warga Kota Pontianak dan sekitarnya,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Dewan Pembina Indonesia Bersuara Kalimantan Barat Muhammad Yusuf menuturkan, bahwa kegiatan dialog seperti ini merupakan cara baru dalam memperkaya wawasan kebangsaan para pemuda. Ia juga mengajak para pemuda untuk bersama-sama memperkuat rasa persatuan dan kesatuan pasca Pemilu serentak 2019.

“Dialog seperti ini merupakan cara baru dalam memperkaya wawasan kebangsaan para pemuda. Dengan kata lain, proses menumbuhkan jiwa nasionalisme pemuda juga bisa dilakukan dengan kegiatan non formal,” imbuhnya.

Gubernur Kalimantan Barat yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Kalimantan Barat, Hermanus, ikut menyambut positif penyelenggaraan kegiatan yang dilakukan Indonesia Bersuara Kalimantan Barat. Mantan Wakil Bupati Kubu Raya ini juga berharap agar kegiatan serupa bisa terus dilaksanakan supaya menghasilkan masukan serta rekomendasi kepada pemerintah.

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menyambut positif kegiatan yang diselenggarakan oleh Indonesia Bersuara Kalimantan Barat yang telah menyelenggarakan dialog wawasan kebangsaan karena mampu menghadirkan para pemuda dari berbagai latar belakang. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini bisa terus diselenggarakan karena bisa memberikan masukan serta rekomendasi kepada pemerintah daerah, maupun pemerintah pusat,” katanya.

Ia berpesan kepada pemuda untuk terus menjunjung tinggi nasionalisme. Di samping itu, pemuda juga diajaknya untuk selalu menjaga integritas, meningkatkan etos kerja dan mampu berpikir beda.

“Terus jaga integritas kalian, kejujuran, tingkatkan etos kerja dan berpikirlah out of the box,” pungkasnya. (*)

Read Previous

Buih dan Busa Muncul di Parit

Read Next

Merdeka Dalam Kemiskinan

Tinggalkan Balasan

Most Popular