Sembuh Covid-19, Wali Kota Langsung Ngantor

KEMBALI BEKERJA: Tjhai Chui Mie melakukan kegiatan rutinnya selaku wali kota di ruang kerjanya, Senin (14/9). Tampak ia berkoodinasi dengan Sekda Singkawang Sumastro dan Kepala BPKPSDM Singkawang, Zulhiar. IST

SINGKAWANG—Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie dan suaminya Lim Hok Nen dinyatakan sembuh dari Covid-19. Perihal kesembuhan Tjhai Chui Mie dan suami tertuang dalam surat Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar dengan bernomor 443/3009/Dinkes-P2P.C. Bahkan Setelah dinyatakan sembuh, Tjhai Chui Mie sudah beraktivitas dan sudah masuk ke kantor seperti biasanya.

“Saya sudah dinyatakan negatif (dari Covid-19) dan hari ini (kemarin) saya mendapatkan surat dari Dinas Kesehatan Provinsi menyatakan bahwa konfirmasi sembuh,” ujar Tjhai Chui Mie, Senin (14/9).

Hal itu, kata Tjhai Chui Mie, merupakan anugerah yang diberikan Tuhan. Dia berharap, seluruh masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 tidak panik dan takut.

“Semangat, positif thinking dan kemudian apa yang dianjurkan oleh tim kesehatan atau obat yang diberikan dokter minum secara teratur ditambah dengan madu, telur dan buah-buahan serta jamu-jamu yang boleh diminum secara rutin dan teratur sehingga cepat sembuh,” katanya.

Selain itu, kepada masyarakat, Tjhai Chui Mie mengimbau agar jangan panik jika mendengar teman atau saudara yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan tetap mengikuti protokol kesehatan, memakai masker, jaga jarak dan kemudian cuci tangan.

Hal itu, kata Tjhai Chui Mie, dialaminya sendiri. Di mana sejak asisten rumah tangganya yang mengurus segala keperluannya berjumlah tiga orang positif Covid-19.

“Setelah itu, kami di-swab. Dari 14 orang yang di-swab semua yang kontak langsung, yang kena (positif Covid-19) cuma kami berempat, saya dan tiga anggota keluarga,” terangnya.

Bahkan, ajudan dan supir yang setiap hari mendampingi Tjhai Chui Mie dinyatakan negatif Covid-19. “Artinya adalah, kita harus meningkatkan imun dan menjaga protokol kesehatan. Bukan berarti kita sudah kontak, akan kena (Covid-19). Karena yang kena (terjangkit) adalah apabila kita melanggar protolol kesehatan dan tidak bersentuhan langsung,” terangnya.

Penyebaran Covid-19, tambah Tjhai Chui Mie, adalah melalui air liur setelahnya memegang mata atau mulut akan terjangkit Covid-19. “Maka dari itu, dengan jaga jarak, pakai masker akan terhindar dari Covid-19,” ungkapnya.

Wali Kota berharap seluruh masyarakat Kota Singkawang tidak perlu panik dan takut, tetap ikuti protokol kesehatan dan menjaga sistem kekebalan. “Sehingga kita tidak mudah terserang penyakit apapun termasuk virus corona ini,” ujarnya. (har)

 

loading...