Sensasi Panas & Segar di Atas Hot Plate

MEIDY KHADAFI/PONTIANAK POST

HOT Plate merupakan istilah untuk wadah tebal berbentuk piringan besi yang dilengkapi dengan alas kayu sebagai dudukan. Alas kayu ini berfungsi agar panas dari hot plate tidak merusak meja saat bersentuhan. Makanan yang dihidangkan di atas hot plate memang bisa memberikan sensasi makan yang unik. Kita bisa menyantap makanannya selalu dalam keadaan panas.

Oleh: Aristono Edi Kiswantoro

Biasanya hot plate digunakan untuk sajian steik. Namun, Restoran Dynasty Hotel Aston Pontianak mengombinasikan hot plate dengan hidangan bercita rasa lokal. Misalnya, mie yam yang menggunakan mie panjang umur khas Pontianak. Ada juga cah kangkung. Menu ini memang digemari semua kalangan. Namun, menyajikannya di atas hot plate membawa kemewahan kepada menu nusantara ini. “Sebenarnya kangkung ini sangat pas dimakan bila sedang panas. Makanya penyajian di hot plate menjadi sangat tepat,” ujar Chef Dynasty, Hedwiq Stefanus.

Adapula menu tradisional mie tek tek. Menu ini adalah makanan rakyat yang dijajakan dengan gerobak di kawasan Jawa Tengah. Penamaan mi tektek ini terbilang unik. Penamaan ini bermula dari cara si pedagang yang berkeliling sambil membunyikan bambu sebagai tanda bahwa dia sedang lewat. Bambu tersebut menimbukan bunyi tektek. Mie Tek Tek sendiri biasanya disajikan dengan digoreng maupun dengan kuah,tergantung selera. Rasa Mie Tek-Tek semakin segar di atas hot plate. Selain itu, masih ada makanan lain yang begitu nikmat disantap di atas hot plate, seperti chicken strip, mie yam, seafood thang, sizzling tofu, dan fillet ikan dori.

Chicken Strip

Menu ini berisi potongan ayam sebesar ibu jari yang digoreng cryspi. Bersama sayuran segar macam buncis, kentang dan lainnya lalu disiram dengan saos tiram. Asap yang mengepul dari hot plate menimbulkan wangi yang menggugah selera.

Mie Yam

Berbeda dengan mie yam kebanyakan yang menggunakan mie kuning sebagai bahan utamanya, di sini yang digunakan adalah mie lokal yang sangat terkenal. Ya Restoran Dynasty menggunakan mie panjang umur. Mie hotplate tersebut ditambah dengan kuah kental yang perpaduan aneka topping jamur shitake dan daging. Menikmati mie yam di atas hot plate sangat segar. Tak perlu takut kuah mie akan menjadi dingin.

Seafood Thang

Seafood yang disajikan lengkap dengan udang dan cumi. Aneka seafood yang ditumis ini tampak begitu segar dan menyegarkan. Apalagi setelah disiram oleh saos dengan aroma wangi semerbak. Seafood ini sangat pas dimakan dengan nasi putih.

Sizzling Tofu

Tahu yang disajikan memiliki tekstur yang empuk, lembut dan lunak. Sangat nikmat dimakan hangat-hagat. Sehingga perpaduan tofu dan wadah hot plate terasa sangat pas.

Tumis Kangkung

Kangkung yang ditumis dengan campuran daging pasti membuat makan kita jadi lebih berselera. Apalagi jika disajikan di atas hot plate seperti. Selain itu tumis kangkung yang dihidangkan serasa lebih berkelas.

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!