Sensasi Rasa Pedas Asam

Sate taichan tak dibakar tanpa baluran bumbu kacang atau kecap. Namun, tetap menggugah selera saat disajikan dengan sambal pedas asam.

Oleh : Siti Sulbiyah

Sate adalah makanan asli nusantara. Berisi daging dicincang kecil-kecil kemudian dibakar. Biasanya dibuat dari daging kambing, ayam, maupun ikan dan dilengkapi dengan bumbu kacang. Namun, ada satu jenis sate yang berbeda dengan sate-sate pada umumnya. Yakni sate taichan. Kuliner ini masih cukup ngehits di kalangan anak muda. Apalagi bagi para pemburu makanan pedas. Rasanya tidak mungkin melewatkan makanan spesial satu ini.

Sate taichan merupakan varian sate dari daging ayam yang dibakar tanpa baluran bumbu kacang atau kecap seperti sate lain pada umumnya. Sate ini disajikan dengan sambal berbahan dasar cabe dengan campuran perasan jeruk lemon atau jeruk nipis.

“Sambal khas dari taichan itu rasanya pedas dan ada asam,” ungkap Owner Jajanan Beken, Bella Aprilia.

Proses pembuatan sate taichan, pada umumnya mirip dengan sate biasa. Mula-mula daging ayam dicincang kecil-kecil, lalu dibumbui dengan bumbu dasar seperti lada, bawang, dan lain sebagainya. Namun, pemberian bumbu sifatnya opsional, karena ada pula yang tidak melumuri daging bumbu sebelum dibakar.

Lalu, potongan daging yang telah dilumuri bumbu itu, disusun dengan tusukan sate. Kemudian barulah dibakar. Daging sate untuk sate taichan lazimnya berwarna putih polos dengan sedikit corak bekas dibakar.

“Sebentar saja satenya dibakar, karena dagingnya juga dipotong tidak terlalu tebal,” tutur Bella.

Selain sambal pedas asammya, sate ini biasanya juga disajikan dengan potongan jeruk nipis dan bumbu khusus. Cara makan sate ini adalah dengan mencocol atau melumuri sate dengan sambal. Cara makannya ini tergantung selera pecinta kuliner.

“Sate pada umumnya pakai bumbu kacang, tapi sate taichan itu dicocol dengan sambal. Inilah bedanya sate taichan dengan sate biasa,” kata Bella.

Bella sendiri mengkreasikan kuliner tersebut hingga menghasilkan beberapa varian. Ada empat varian yang dihasilkannya, antara lain sate taichan ayam, sate taichan kulit, sate taichan telur gulung, serta sate taichan mozarella. Untuk sate taichan kulit, adalah sate berbahan dasar kulit ayam, berbeda dari sate taichan umumnya menggunakan daging ayam. Perbedaan lainnya, varian ini diolesi kecap terlebih dahulu sebelum dibakar.

Varian lain yang dikreasikan adalah sate taichan telur gulung, yaitu sate taichan ayam yang setelah dibakar, akan digulung dengan telur yang didadar. Balutan telur dadar akan menambah sensasi berbeda saat menikmati varian yang satu ini.

Sedangkan sate taichan mozarella adalah sate ayam yang dilumuri dengan saos mozarella. Penambahan jenis keju yang satu ini membuat sate taichan lumer di mulut ketika dimakan. Rasanya jadi semakin bervariasi ketika dicocol dengan sambal. **

loading...