Senyabang, Danau Wisata dan Pusat Ikan Air Tawar

Pasca disulap komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) dua bulan lalu, bendungan nonproduktif yang berganti nama menjadi Danau Senyabang viral dan kini ramai dikunjungi orang. Tak sampai di situ, danau wisata di Desa Senyabang, Kecamatan Balai, Kabupaten Sanggau bertema warna-warni itu kini mendapat Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) keramba dan benih ikan nila sebanyak 20.000 ekor dari Bank Indonesia. Serah terima bantuan tersebut berlangsung Jumat (29/11).

Bantuan itu diserahkan kepada kelompok tani Tunas Harapan selaku pengelola danau. Hadir Bupati Sanggau Paolus Hadi, Manager Komunikasi dan Koordinasi Kebijakan KPw BI Kalbar Djoko Juniwarto, perwakilan Dinas Ketahana Pangan Kalbar, Disporapar Kalbar dan instansi lainnya. Paolus Hadi mengapresiasi bantuan tersebut.

Menurutnya, bendungan ini selama ini belum produktif. Padahal beberapa tahun yang lalu, bantuan serupa pernah masuk ke sana. Hasil yang didapatkan warga hanya berupa ikan yang diambil saban dua tahun dengan cara menangkap massal. Dia berharap program ini bisa dimanfaatkan oleh warga.

“Kelola tempat wisatanya dengan baik. Ekonomi Senyabang bisa hidup kalau orang ramai datang. Begitu juga sistem pengelolaan kerambanya diperbaiki. Ujungnya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata dia.

Bantuan tersebut, kata dia, juga sejalan dengan keinginan Pemkab Sanggau untuk meningkatkan sektor pariwisata. Juga sesuai target pemerintah untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat. “Di Kabupaten Sanggau ini angka konsumsi ikannya hanya 25 Kg per orang per tahun. Makanya angka stunting kita juga tinggi. Sehingga kami berharap program semacam ini terus digalakkan. Tidak hanya Pemkab, tapi juga pihak lain,” pinta dia.

Bupati Sanggau Paolus Hadi beserta istri bersama Manajer K3 BI Kalbar Djoko Juniwarto menebarkan benih ikan nila di Danau Senyabang.
Read Previous

Batalyon 465 Paskhas Brajamusti Bangun Lapangan Tembak

Read Next

Turnamen Sepak Bola Brajamusti Cup Kembali Dihelat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *