Serahkan Paket Ekstra Voeding ke Ratusan PHL

PAKET SEMBAKO: Pekerja harian lepas yang mendapatkan bantuan paket ekstra voeding dari Dinas Perumahan, Permukiman Penduduk dan Lingkungan Hidup, kemarin (5/5). AHMAD SOFI/PONTIANAK POST

KETAPANG – Dinas Perumahan, Permukiman Penduduk dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Ketapang menyalurkan bantuan paket extra voeding kepada ratusan pekerja harian lepas di dinas tersebut. Bantuan makanan tambahan serta paket sembako tersebut juga diserahkan kepada pegawai kontrak, petugas kebersihan, petugas taman, dan laboratorium.

Kepala Dinas Perkim LH Kabupaten Ketapang, Dennery, mengatakan pemberian paket extra voeding merupakan bagian dari program yang telah dianggarkan. Pembagian paket tersebut dimaksudkan dia, untuk membantu para pekerja harian lepas atau honorer memenuhi kebutuhan sehari-hari. “Kita anggarkan khusus untuk tenaga kebersihan, petugas taman hingga laboratorium semuanya 181 orang,” katanya, kemarin di sela-sela penyerahan paket.

Dia menjelaskan, paket extra voeding yang dibagikan berisi gula sebanyak 12 kilogram, susu 21 kaleng, serta kacang hijau 12 kilogram. “Pembagiannnya bertahap biar tetap bisa mematuhi protokol kesehatan. Hari ini mulai kita serahkan kepada yang berhak menerimanya,” jelasnya.

Dennery menambahkan, selain membagikan paket extra voeding tersebut, dalam kesempatan ini juga menyerahkan bantuan 150 paket sembako yang didapat dari bantuan salah satu perusahaan perkebunan yang ada di Ketapang. “Untuk paket sembako ada 150 paket, itu juga kita salurkan. Isi paketnya beras 5 kilogram, 2 kaleng ikan sarden dan 1 liter minyak goreng,” ungkapnya.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Sri Windaryati, mengatakan pemberian paket ini rutin dilaksanakan. Bantuan ini diberikan untuk tenaga honorer atau pekerja harian lepas lapangan yang ada di dinasnya. “Setiap tahun rutin kita anggarkan. Sistemnya pertiga bulan sekali kami bagikan extra voeding ini untuk pekerja di lapangan yang berinteraksi dan memiliki resiko,” katanya.

Sri melanjutkan, pekerja harian lepas yang mendapat bantuan ini terdiri dari 147 petugas kebersihan seperti, kernet dan supir pengangkut sampah, tukang sapu, pembersih parit hingga petugas tempat pembuangan akhir (TPA). Sedangkan petugas taman berjumlah 26 petugas, dan delapan orang bertugas di bagian laboratorium. “Tiga bulan ke depan akan kita salurkan kembali dan di tahun depan akan terus kita anggarkan,” tuturnya.

Salah satu penerima paket, Wahyudin, mengaku sangat bersyukur atas bantuan yang diterimanya. Bantuan ini meringankan beban kebutuhan sembako menjelang Idulfitri. “Kita senang dan bersyukur, karena paket bantuan ini bisa membantu kami memenuhi kebutuhan rumah tangga, apalagi menjelang lebaran ini,” katanya.

Wahyudin yang telah bekerja selama enam tahun mengaku jika bantuan yang diberikan pihak dinas tempatnya bekerja memang rutin didapatkannya. Dia berharap ke depan bantuan ini tetap terus dilanjutkan. “Setiap tahun selalu ada bantuan yang kami terima. Senang dan merasa diperhatikan dan semoga dapat terus berlanjut,” harapnya. (afi)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!