Seringlah Periksa Kesehatan Mata Anak

BERI ARAHAN: Bupati Kayong Utara Citra Duani saat memberikan arahan pada kegiatan Pemeriksaan dan Pembagian Kacamata Gratis di Klinik ASRI Sukadana, Jumat (23/8) lalu. HUMASKAB FOR PONTIANAK POST

Pemeriksaan dan Pembagian Kacamata Gratis Klinik ASRI

SUKADANA – Bupati Kayong Utara Citra Duani mengimbau kepada para orang tua agar sering memeriksakan mata serta gigi anak-anaknya. Pesan tersebut disampaikan Bupati saat menghadiri kegiatan Pemeriksaan dan Pembagian Kacamata Gratis di Klinik ASRI Sukadana, Jumat (23/8).

“Saya juga mengimbau kepada para orang tua agar sering memeriksakan kesehatan mata dan gigi anak-anaknya sejak usia dini, karena kalau tidak sering diperiksa, takutnya sewaktu SD (sekolah dasar) saja, mereka sudah menggunakan kacamata,” ujar Bupati di hadapan warga yang membeludak menghadiri kegiatan tersebut. Bupati khawatir kalau nanti saat anak-anak ini remaja dan berkeinginan menjadi anggota kepolisian maupun tentara, akan terganjal hanya karena persoalan kesehatan mata dan gigi tersebut. “Hal inilah yang harus kita antisipasi mulai sejak dini,” pesannya.

Kegiatan Pemeriksaan dan Pembagian Kacamata Gratis ini sendiri diselenggarakan Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI) bekerja sama dengan pihak Perusahaan Kacamata dari Prancis, 2.5 New Vision Generation (NVG) – Essilor Ser Change. Dalam kegiatan tersebut, mereka membagikan tak kurang dari 2 ribu kacamata secara gratis kepada masyarakat Kayong Utara.

Dalam sambutanya, Bupati mengatakan bahwa kegiatan yang dipelopori oleh Yayasan ASRI ini sangat membantu pemerintah. “Kami selaku pemerintah daerah merasa sangat terbantu sekali dengan mitra kerja kita ini yaitu pihak Yayasan ASRI yang telah mempelopori, sehingga mendapatkan sponsor dari perusahaan kacamata dari Prancis, yang mau membagikan sebanyak 2 ribu kacamata secara gratis kepada masyarakat Kayong Utara,” ucap Bupati.

Melalui kegiatan ini, Bupati menyaksikan sendiri bagaimana semakin banyak orang yang datang memeriksakan matanya, sehingga memang harus menggunakan kacamata. “Berarti itu pertanda bahwa masyarakat kita ini memang banyak yang kurang sehat matanya, sehingga program diselenggarakan ASRI memang layak untuk dilaksanakan,” katanya.

Bupati juga berharap pemberian kacamata gratis ini bisa mengingatkan dan memotivasi masyarakat Kayong Utara, untuk selalu menjaga kesehatan matanya. Tentunya, harapan dia, dengan cara sering melakukan pemeriksaan mata. “Karena pada prinsipnya mencegah lebih baik daripada mengobati, dan tidak menggunakan kacamata itu lebih bagus dari pada menggunakan kacamata,” tutupnya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif ASRI, Nur Febriani menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan merekka dalam rangka ulang tahun ke-12 ASRI. Di sisi lain, dia menambahkan, juga visi 2.5 2.5 New Vision Generation (NVG) – Essilor Ser Change untuk menyediakan bantuan penglihatan yang lebih baik kepada masyarakat menengah ke bawah.

“Pemeriksaan dan pembagian kacamata plus dan minus gratis ini adalah salah satu rangkaian acara ulang tahun ke-12 ASRI. Dua tahun lalu saat mengevaluasi kinerja 10 tahun ASRI, kami mendengar tentang kebutuhan masyarakat akan kacamata. Alhamdulillah, tahun ini kami mendapat mitra perusahaan lensa dan kacamata terkemuka di dunia, 2.5 NVG – Essilor,” ungkapnya. Dikatakan dia, sebanyak 2 ribu buah kacamata dibagikan mereka kepada masyarakat dari desa-desa yang sudah bekerja sama dengan ASRI di Kabupaten Kayong Utara. “Dan nanti akan ada seribu kacamata lagi yang akan dibagikan di Kabupaten Melawi,” timpalnya di Sukadana Kamis (22/8) lalu.

Selain itu, kata dia, kolaborasi antara ASRI dan 2.5 NVG – Essilor juga dalam bentuk memberikan Beasiswa Kuliah Studi D3 Refraksi Optisi di Jakarta, untuk dua pemuda dari Kayong Utara. Mereka, sebut dia, merupakan lulusan dari program ASRI Teens atau remaja binaan ASRI.

“Mohon doanya supaya 3 tahun ke depan mereka akan menjadi optisian pertama dari Kayong Utara dan akan ada optik di Klinik ASRI, sehingga tidak perlu jauh ke Ketapang untuk membuat kacamata,” harapnya.

Nur Febriani menambahkan, dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, ASRI mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Kayong Utara, Kepolisian Resor Kayong Utara, Balai Taman Nasional Gunung Palung, Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura, PLN Kayong Utara, Bank Kalbar, dan Perusahan Air Minum HS 68. (dan/humas)

Read Previous

Jadikan Donor Darah sebagai Gaya Hidup

Read Next

Ai Xin Rayakan Kemerdekaan ke 74 RI

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *