Seruan Ajakan Bersatu Lawan Pandemi Covid-19

PONTIANAK- Dalam rangka menyambut Idul Fitri 1 Syawal 1441 H dalam kondisi Pandemi Covid-19,  MUI Kalbar, PW Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat, PW Muhammadiyah Kalimantan Barat dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Kalimantan Barat mengajak ummat bersatu melawan penyebaran Virus Corona.

“Dalam suasana keprihatinan masih merebaknya wabah pandemi Covid 19, marilah sambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H diisi dengan memperbanyak istighfar. Mengumandangkan takbir dan merayakan dengan penuh kesederhanaan dan kerendahan hati.”

Mari hindari perbedaan pendapat yang saling menyalahkan dalam menyikapi situasi saat ini, khhususnya tentang pelaksanaan Shalat Idul Fitri di masjid/surau/lapangan atau di rumah.

Marilah ikuti Fatwa dan pandangan hukum dari para ulama dan anjuran pemerintah dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19. Saatnya bersatu untuk melawan pandemi yang belum mereda ini.

Keempat lembaga ini memahami keinginan umat Islam, baik secara individu maupun kelembagaan dan organisasi keummatan untuk melaksanakan shalat Jumat dan Idul Fitri serta sholat fardlu lima waktu di masjid secara berjamaah, namun sepatutnya mendukung kebijakan Gubernur Kalimantan Barat, MUI Kalbar, Kanwil Kemenag Kalbar tentang ibadah di rumah masing-masing, termasuk Shalat Jumat dan Idul Fitri dan Fardlu lima waktu.

Hal ini bukanlah larangan terhadap umat Islam untuk beribadah, namun kebijakan ini semata-mata untuk melindungi masyarakat dari penularan Covid 19.

Ke empat lembaga ini mengapresiasi niat baik Dewan Masjid Indonesia Kalimantan Barat terkait pelaksanaan shalat Idul Fitri di Masjid, karena memang banyak aspirasi masyarakat yang perlu diperhatikan oleh Dewan Masjid Indonesia.

Juga mengajak masyarakat bersatu dan memperbanyak istighfar dan memanjatkan doa kepada Allah SWT, agar wabah pandemic Covid 19 ini segera sirna dari muka bumi ini. Tiada daya dan kekuatan kecuali daya dan kekuatan dari Allah SWT. (mrd)

Read Previous

Kagamahut Kalbar, Peduli Warga Terdampak Covid-19

Read Next

Respon Rekomendasi IDI, Karolin: Pemkab Berupaya LengkapI APD



One Comment

  • yuuukkk MABAR game dupa88 guuys….
    seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga,
    banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa….
    mau kaya ya di dupa88 ajaaa bukan yang lain..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *