Siap Bergulir, Honda DBL Siapkan 500+ Livestream Laga Basket

LIVESTREAM: Proses produksi tayangan livestream saat berlangsungnya Honda DBL Seri NTB di Mataram pada Februari 2021. (Foto: Istimewa)

SURABAYA – Honda Developmental Basketball League (Honda DBL) 2021-2022 akan menjadi laga olahraga yang menghadirkan tayangan langsung terbanyak, dengan cakupan wilayah penyelenggaraan terluas di Indonesia.

Dengan asumsi semua penyelenggaraan berjalan lancar dan kondisi pandemi terus membaik, penyelenggara telah menyiapkan lebih dari 500 pertandingan langsung untuk penyelenggaraan 2021-2022. Komitmen tayangan livestream ini diambil oleh penyelenggara untuk menekan jumlah pengunjung di stadion.

“Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah atas upaya penanganan Covid-19 yang angka infeksinya terus menurun. Sekarang, semakin banyak kabar baik yang muncul. Misalnya, sekolah di sejumlah lokasi yang mulai melakukan uji coba belajar di sekolah,” ujar Azrul Ananda, CEO dan Founder DBL Indonesia, penggagas Honda DBL.

“Ini membuat kami di DBL Indonesia ikut senang. Kami berharap, berjalannya Honda DBL 2021-2022 ini juga bisa menjadi kabar baik untuk pelajar di seluruh Indonesia yang saat ini membutuhkan hiburan di tengah kondisi pandemi yang menantang. Namun, kami juga kerap diingatkan pemerintah dan mengingatkan diri kami sendiri bahwa jangan sampai kabar-kabar baik ini menghasilkan euforia yang tidak tepat. Kehati-hatian tetap menjadi kunci agar tidak terjadi peningkatan infeksi COVID-19,” kata Azrul.

Menurutnya, komitmen mengadakan lima ratus tayangan livestream ini cukup menantang. Tidak ada liga olahraga lain apapun di Indonesia yang menyiarkan pertandingan sebanyak ini, bahkan siarannya langsung dari Aceh sampai Papua.

Komitmen serius ini diambil agar semua pelajar tetap bisa mendukung temannya bertanding, walau tidak bisa melihat di lapangan karena adanya keterbatasan pengunjung di lokasi pertandingan. “Semua pertandingan ini juga disediakan gratis,” tambah Azrul. DBL Play adalah aplikasi media komunitas milik DBL Indonesia yang dapat diunduh secara cuma-cuma di PlayStore dan App Store.

Pada awal 2021, Honda DBL telah berjalan di Nusa Tenggara Barat (Mataram) dan Sumatera Selatan (Palembang) dengan seluruh pertandingan ditayangkan langsung. Hingga hari ini, total terdapat setidaknya rata-rata 200 ribu penonton unik (unique viewers) dari pertandingan-pertandingan tersebut. DBL Indonesia mencatat, bahwa angka penonton unik di masing-masing seri mencapai 10-15 kali lipat lebih banyak dibandingkan jumlah penonton langsung di lapangan ketika liga diadakan sebelum pandemi pada 2019.

“Kami banyak menerima pesan bahwa anak-anak muda di Indonesia menunggu datangnya Honda DBL, tapi kami tidak menyangka jumlah penonton unik liga bisa meningkat sebanyak itu. Semoga tayangan-tayangan ini bisa tetap memberikan memori masa SMA yang baik di saat banyak pelajar yang bahkan belum pernah bertemu teman sekolahnya karena pandemi,” ujar Masany Audri, Direktur DBL Indonesia.

Kemarin (13/9), Honda DBL resmi kembali berjalan dengan dibukanya pendaftaran untuk peserta di provinsi DKI Jakarta dan Jawa Timur. Pendaftaran Honda DBL 2021-2022 Seri DKI Jakarta akan ditutup pada 27 September 2021, sementara untuk Seri Jawa Timur pendaftaran akan ditutup pada 1 Oktober 2021. (r/*)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!