Sidak Bahan Pangan Jelang Lebaran di Landak

Tim Satgas Pangan Kabupaten Landak saat mengecek harga dan tanggal kadaluwarsa sembako di pusat perbelanjaan di Kota Ngabang, Rabu (20/5).

NGABANG – Jelang Idulfitri, Tim Satgas Pangak Pemkab Landak menggelar inspeksi mendadak di sejumlah pasar dan pusat perbelanjaan di Kota Ngabang, Rabu (20/5).

Sidak tersebut dilakukan di Pasar Rakyat Landak, Supermarket Citra Swalayan, Toko Sembako Maju Jaya dan Toko Sembako Harapan Kita di Pasar Dara Itam Ngabang.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi, Usaha Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan, Samsul Bahri mengatakan dari hasil sidak secara umum stok ketersediaan sembako dan barang penunjang lainnya relatif tersedia. Sedangkan, untuk harga barang relatif stabil.

“Untuk harga bahan pokok masih kondisi normal. Stok bahan pokok juga kita lihat masih aman,” kata dia.

Ia menyebut, ada beberapa jenis barang yang mengalami kenaikan. Daging ayam, misalnya, kini sudah menyentuh harga Rp38 ribu per kilogram. Harga tersebut terus mengalami kenaikan Rp2.000 tiap minggunya.

Sementara gula yang sebelumnya sempat menyentuh harga Rp22 ribu per kilogram kini sudah mengalami penurunan. Dari hasil pantauan tim, beberapa pedagang sudah menjual gula sesuai harga eceran tertinggi (HET) yang ditentukan pemerintah, yakni Rp12.500 per kilogram.

“Kalau kenaikan ada kenaikan relatif sedikit,” kata Samsul.

Hal lainnya yang juga penting adalah melihat masa kedaluwarsa barang yang dijual oleh pedagang. Jika ada barang atau makanan kedaluwarsa yang masih dijual pedagang maka akan ditindak tegas sesuai ketentuan. Beruntung, kala itu tim tidak menemukan barang kedaluwarsa.

“Hal paling penting kita juga mengecek masa kedaluwarsa barang dan makanan yang dijual apakah sudah lewat masa berlaku atau belum, jika ada barang kedaluwarsa maka akan segera kita tarik dari peredaran sesuai ketentuan yang berlaku,” jelas Samsul.

Ia melanjutkan, kegiatan tersebut dilakukan untuk memantau harga sembako di pasar, memeriksa kelayakan barang edar di sejumlah pasar Ngabang serta ketersediaan stok sembako menjelang lebaran.

“Sebentar lagi saudara-saudara kita akan merayakan idulfitri, untuk menghindari kekeliruan dalam pembelian bahan bahan pokok maka kita akan mengadakan sidak pasar dengan tujuan untuk mengantisipasi kenaikan harga dan peredaran barang tidak layak jual,” tutupnya. (mif)

Read Previous

Insentif Guru Ngaji dan Petugas Fardhu Kifayah

Read Next

Masjid Agung Oeman Al Khair Gelar Salat Id