Simulasikan Penggunaan Nusantara Foam 44 dan Bios 44

TELUK PAKEDAI — Kodam XII Tanjungpura bekerja sama dengan Kodam II Sriwijaya bahwa Korem 044/Gapo telah menemukan formula yang disebut Nusantara Foam 44 dan Bios 44.

Pangdam XII Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi bahwa ada tempat – tempat tertentu yang kesulitan air pada saat terjadi Karhutla. Dengan menggunakan formula Nusantara Foam 44 ini bisa menjadi satu sarana untuk memadamkan api sehingga dari aspek efisiensi bisa diperoleh.

“Begitu juga dengan bios 44 ini juga sangat berguna untuk digunakan sebagai dekomposer untuk lahan gambut,” kata Muhammad Nur Rahmad, Selasa (1/9) usai memimpin Apel Gelar Kesiapan dan Simulasi Antisipasi Karhutla di Desa Sungai Deras, Kecamatan Teluk Pakedai, Kubu Raya.

Pangdam juga menyampaikan, dengan formula ini diharapkan masyarakat tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar.

“Kita sudah ada metode. Kodam sudah membuat demplot – demplot di tiap – tiap Kodim sehingga masyarakat bisa mencontoh cara membuka lahan tanpa membakar. Ini yang perlu kita sosialisasikan,” ujarnya.

Meski demikian lanjutnya,jika masih ada masyarakat yang akan membuka lahan dan terpaksa harus membakar ladang, maka diwajibkan melapor kepada aparat terdekat.

“Sehingga kita bisa bersama – sama menjaga apinya. Jangan sampai membakar lalu ditinggal ini yang berbahaya karena apabila merembet akan berdampak kepada lingkungan,” ungkapnya.

Selain dilakukan mengecekan kesiapan personel dan alat perlengkapan dalam kesempatan tersebut juga disimulasikan cara memadamkan api dengan menggunakan Nusantara Foam 44 dan pengolahan lahan gambut menggunakan Bios 44. “Simulasi yang kami lakukan ini juga sebagai salah satu wujud komitmen Kodam XII Tanjungpura dalam hal menjaga kelestarian lingkungan,” pungkasnya. (ash)

error: Content is protected !!