Simulasikan Perang Ala PUBG

pubg

SIMULASI: Sniper Satuan Bravo Paskhas TNI AU dalam simulasi pertempuran hutan, Sabtu (7/9) di markas Wing I Paskhas Jakarta. BAYU PUTRA/JPG

JAKARTA – Pertempuran yang biasa dimainkan oleh para gamers dalam permainan Player Unknown Battlegrounds (PUBG) kemarin (7/9) tersaji secara nyata. Satuan Bravo 90 Paskhas TNI AU mewujudkannya dalam simulasi di markas Wing I Paskhas Jakarta. Simulasi itu bagian dari kursus singkat jurnalistik perang yang digelar Dispen AU.

Simulasi dibuat semirip mungkin dengan yang ada dalam game. Dimulai dari penerjunan 12 pasukan dari pesawat di ketinggian 8.000 kaki. Begitu mendarat, mereka langsung mencari rompi dan senjata. Pasukan sudah ditunggu lawan yang menembak dari pinggir hutan. Pertempuran di area terbuka berlanjut ke dalam hutan hingga ke dalam gedung yang digunakan persembunyian.

Simulasi tersebut juga menjadi sarana praktik liputan jurnalis perang. Sejak pagi, puluhan wartawan mendapatkan teori meliput di tengah kecamuk perang. Juga praktik langsung di mana wartawan disimulasikan mengikuti patrol TNI di daerah konflik yang berujung adu tembak dengan musuh.

Kadispen AU Marsekal Pertama Fajar Adriyanto menjelaskan, situasi peliputan saat perang sangat berbeda dengan waktu normal. Karena itu, jurnalis perlu mendapatrkan latihan khusus. ’’Supaya dia juga aman dan bisa mendapatkan berita yang benar,’’ terangnya. Sehingga, ketika nanti seorang wartawan terjun di situasi konflik, sudah tahu apa yang harus dia perbuat. (byu)

Read Previous

Pasangan Pelajar Ngamar Ditertibkan

Read Next

Aura Juara, Mulai Terlihat Saat Babak Penyisihan Bintang Radio Pontianak

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular