Sinergi Penanganan Covid-19 di Kalbar, BI Hibahkan Konsentrator Oksigen

OKSIGEN: Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat Agus Chusaini bersama Gubernur usai menyerahkan secara simbolis konsentrator oksigen. IST

Kendati angka penularan dan kematian Covid-19 di Kalimantan Barat terus menurun. Namun pemerintah dan elemen lain tak mau lengah. Bank Indonesia misalnya, menambah 17 unit konsentrator oksigen untuk sejumlah rumah sakit di provinsi ini.

Heriyanto, Pontianak

Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalbar melalui Program Dedikasi untuk Negeri berkomitmen memberikan bantuan sarana dan prasarana penunjang kesehatan berupa 17 unit konsentrator oksigen, sebagai wujud solidaritas dan kepedulian terhadap penanganan pandemi Covid-19 di wilayah Provinsi Kalbar.

Bantuan disalurkan kepada tujuh rumah sakit di bawah koordinasi Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat. Dalam kesempatan penyerahan bantuan, Selasa (21/9) Gubernur Kalbar  Sutarmidji menyampaikan apresiasi kepada BI atas dukungannya kepada Pemerintah Provinsi Kalbar dalam membantu penanganan masyarakat yang terjangkit Covid-19.

“Bantuan ini sangat berarti mengingat konsentrator oksigen sangat dibutuhkan oleh pasien Covid-19 baik di RS maupun di rumah sehingga diharapkan dapat menyelamatkan banyak nyawa. Pendistribusian Oksigen Konsentrator dilakukan secara bertahap kepada kepada tujuh rumah sakit, yaitu RS Darurat Covid Upelkes Kalbar, RSUD Sambas, RSUD Pemangkat, RSUD Sanggau, RSUD Sekadau, RSUD Melawi, dan RSUD Bengkayang,” ujarnya.

Kepala Kantor Perwakilan BI Kalbar, Agus Chusaini, mengatakan program Dedikasi Untuk Negeri merupakan program tanggung jawab sosial BI kepada masyarakat. Melalui 3 pilar, yaitu Program Peningkatan Kapasitas Ekonomi dan UMKM, Program Pengembangan Kapasitas SDM, dan Pemahaman Publik, serta Program Kepedulian Sosial, BI telah menyalurkan bantuan kepada 7068 lembaga atau kelompok masyarakat di seluruh Indonesia sepanjang tahun 2020.

Dukungan penanganan Covid-19 tidak hanya dilakukan oleh BI sebagai lembaga negara tetapi juga oleh pegawai BI melalui wadah Ikatan Pegawai Bank Indonesia  Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalbar (IPEBI). Sejak tahun 2020, IPEBI menginisiasi penggalangan dana untuk bantu penanganan Covid-19 yang dihimpun melalui Program Donasi IPEBI.

Dalam masa pemberlakuan PPKM Berbasis Mikro di Kalbar, IPEBI telah menyalurkan bantuan dalam bentuk beras dan sembako untuk Yayasan Quranul Fajar di Pontianak; Rak Buku dan Lemari Pakaian untuk Pondok Pesantren Gerakan Peduli Anak Yatim (GPAY) Fastabiqul Khairat di Pontianak, Wakaf Qur’an ke daerah-daerah pedalaman di Kalbar bekerjasama dengan ACT Pontianak, dan kegiatan Khitanan Massal kepada anak yatim piatu & dhuafa bekerjasama dengan Lembaga Sosial Ikhwanan Nashira dan Brigeck di Kubu Raya.

Ke depan, BI Provinsi Kalbar akan terus bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Kalbar dan lembaga/instansi lain untuk mendorong percepatan penanganan Covid-19 di Kalbar. Masyarakat dapat memperoleh informasi mengenai kepedulian sosial KPwBI Kalbar terhadap penanganan Covid-19 melalui Instagram @bank_indonesia_kalbar dan Youtube Bank Indonesia Kalbar. (*)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!