Singkawang Hebat Wujudkan Smart City yang Terintegrasi

TELECONFERENCE WARGA: Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie melakukan teleconference bersama warga Kelurahan Mayasofa Kecamatan Singkawang Timur dan Kecamatan Singkawang Barat.

Telematics Control Management (TCM) Kota Singkawang

ERA baru penyelenggaraan sistem pemerintahan yang berbasis elektronik di Pemkot Singkawang kini terwujud di bawah kepemimpinan Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie-Irwan. Sebuah langkah nyata diambil demi mewujudkan Singkawang Hebat, Kota Singkawang sebagai Smart City, hal ini dibuktikan dengan peresmian Telematics Control Management (TCM) oleh Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie di kantor Wali Kota Singkawang, Rabu (15/1).

Telematics Control Management atau di singkat TCM merupakan Command Center Kota Singkawang/ruang kendali Telematika Kota Singkawang.

Telematika yang berasal dari bahasa Perancis yaitu telematique memiliki arti gabungan infrastruktur, sistem informasi dan Infratruktur Kota Singkawang.

Saat ini kondisi existing Januari 2020 ini telah menjangkau sampai kelurahan terjauh yaitu Sagatani, Semelagi dan Mayasofa dengan didukung jaringan Fiber Optics 38 Core/VPN yang merupakan Jaringan Intranet Kota/siMetro selain jaringan internet.

Jaringan tersebut guna mendukung 30 CCTV Pantau Kota, Video Conference OPD dan Kementerian/Lembaga dan 3 Free Wifi Publik yang telah terpasang di area publik dan di 2020 akan ditambah menjadi 20 spot.

Pemkot Singkawang melalui Diskominfo Singkawang telah menjadi enabler untuk menerapkan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) dan Satu Data Indonesia yang dinamakan Data Kite.

Kemudian Telematics Control Management didukung NOC ( Network Operation Control )/Data Center Kominfo Singkawang ini menangani 24 Server OPD, dengan 32 Aplikasi Khusus dan Generik yang dikelola 24 jam 365 hari tanpa berhenti dan dengan dukungan Bandwith 350/Mbps untuk aplikasi dan internet OPD.

Dan Kominfo merilis aplikasi berbasis Android yaitu siHebat yang dapat di download melalui Google Playstore, dimana merupakan Aplikasi Governmet to Citizen, Portal Kota dan Domain Kota yang terintegrasi.

Regulasi dalam membangun TCM ini, Diskominfo telah membuat satu master plan TIK Kota Singkawang 2019- 2025 yang didukung lima Perwako yaitu Tatakelola e-Goverment, infrastruktur, aplikasi, data dan informasi serta kelembagaan dan SDM TIK.

Selain itu, TCM ini didukung tenaga ahli yang terlatih di Diskominfo. Ada sejumlah 15 tenaga baik ASN, outsourcing, dan honorer dengan kompetensi jaringan/network, application engineer, database specialist dan system analist.

TCM akan dikelola sesuai amanat Perpres 95 tahun 2018 yaitu mengimplementasi sistem pemerintahan berbasis elektronik dan sebagai ruang kendali telematika. Pada tahun 2020 Singkawat Hebat dan akan menjadi Smart City yang terintegrasi. (har/*)

loading...