Sirkuit Mandalika Diuji Coba Tahun Depan

KEK MANDALIKA: Dua wisatawan mancanegara sedang menikmati keindahan pantai Kuta di KEK Mandalika, belum lama ini. Tidak jauh dari pantai ini akan dibangun RS Trauma Center untuk mendukung MotoGP 2021.

JAKARTA– Pembangunan sirkuit MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika terus dikebut. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memastikan sirkuit tersebut bisa melakoni uji coba pramusim pada Maret 2021 mendatang.

“MotoGP masih berproses, tidak ada masalah yang serius. Hotel masih berjalan pembangunannya. Hotel yang masih dalam proses ada tiga hotel. Tapi kami juga bangun camping ground untuk akomodasi para penonton,” kata Luhut, Jumat (6/3).

Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M. Mansoer mengatakan progres pekerjaan masih berjalan sesuai rencana.

Menurut Abdulbar, profil penonton MotoGP adalah penonton berusia muda yang diasumsikan akan menyewa akomodasi yang relatif tidak terlalu mahal seperti hotel budget, hostel atau camping ground.
Saat mendapat paparan dari Mandalika Sirkuit di pariwisata The Mandalika, Luhut berpesan agar ITDC serius dalam proses pembangunannya. “Kalau bisa ITDC menyewa konsultan internasional yang terbiasa membangun sirkuit. Tidak boleh main-main,” katanya.

Abdulbar mengatakan DORNA (pemegang hak siar) telah juga menunjuk konsultannya untuk mengawasi pembangunan sirkuit ini. Luhut juga mendapat laporan progres pengerjaan listrik dari PLN, jaringan komunikasi dari Telkomsel dan rumah sakit, yang menjadi pendukung terselenggaranya event ini.
Sirkuit Mandalika dijadwalkan akan menyelenggarakan tes pra musim pada sekitar Maret tahun depan. The

Mandalika adalah kawasan seluas 1175 hektar. Sirkuit Mandalika direncanakan akan memiliki panjang 4,31 km dan 17 tikungan yang dibangun di tengah-tengah kluster sport & entertainment di kawasan pariwisata The Mandalika. Sirkuit terbuka ini nantinya akan memiliki pemandangan perbukitan dan pantai. (tau)

loading...