SMPN 4 MHS Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah

PEMENANG: Penyerahan hadiah dari Sekertaris Daerah Ketapang Farhan kepada pemenang Lomba Karya Ilmiah Bagi Pelajar dan Guru se-Kabupaten Ketapang. IST

KETAPANG—SMPN 4 Matan Hilir Selatan, Kabupaten Ketapang, meraih juara pertama lomba karya tulis ilmiah tingkat pelajar dan guru SMP/MTs se-Habupaten Ketapang tahun 2020 kelompok IPS.

Lomba yang dilaksanakan 10-12 Maret ini diselenggarakan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Ketapang bekerjasama dengan LIPI yang berlangsung di ruang rapat utama lantai 3 Kantor Bupati Ketapang.

Lomba ini merupakan rangkaian dari kegiatan Bimtek Karya Ilmiah Remaja yang sudah dilaksanakan terlebih dahulu tanggal 25-26 Februari 2020. Lomba ini diikuti oleh perwakilan sekolah dari tiap kecamatan yang ada di seluruh Kabupaten Ketapang. Bidang IPA diikuti sebanyak 18 sekolah dan bidang IPS sebanyak 15 sekolah.

Tim kelompok IPS SMPN 4 Matan Hilir Selatan yang beranggotakan Asmawati, Elza Nazira, dan Tiara Permata Jelita dengan guru Pembimbing Utama Aprianty, S. Pd dibantu oleh Iis Nur’endah, S. Pd dan Nikmatin, S. Pd, dengan mengambil judul kearifan lokal yang ada di Sungai Bakau yaitu “Tradisi Berbalas Pantun pada Pernikahan Masyarakat Melayu Desa Sungai Bakau”.

Menurut guru pembimbing Aprianty, judul ini diangkat karena tradisi berbalas pantun pada pernikahan masyarakat melayu di Desa Sungai Bakau memiliki ciri khas yang berbeda dengan daerah lainnya di Ketapang yaitu berakhiran –e.

Selain itu, tradisi berbalas pantun juga sudah mulai jarang dipakai pada pernikahan masyarakat Melayu. “Sehingga sudah sepantasnya sebagai masyarakat Melayu, kita mulai mendokumentasikan secara tertulis tradisi berbalas pantun ini agar dapat tetap melestarikan tradisi ini,” katanya.

Sementara Kepala SMPN 4 Matan Hilir Selatan, Hermawati, S. Pd. Sangat mengapresiasi prestasi yang diperoleh oleh para siswanya. dirinya mengucapkan terima kasih kepada Camat Matan Hilir Selatan yang telah memberikan kepercayaan kepada sekolahnya untuk mengikuti kegiatan lomba karya tulis ilmiah mewakili Kecamatan Matan Hilir Selatan kelompok IPS dan guru pembimbing serta rekan guru SMPN 4 MHS yang telah bekerja keras hingga meraih hasil maksimal. “Saya berharap para siswa terus semangat dan bisa berhasil ditingkat selanjutnya,” harapnya.

Ditempat yang sama, Waka Kesiswaan SMPN 4 MHS, Budi Styawan, S. Pd sangat bersyukur atas prestasi yang dicapai oleh siswa. Juara Pertama kelompok IPA dan IPS nantinya akan diberangkatkan ke Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) XIX 2020 di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah pada 28 Juni – 5 Juli 2020.

Berikut daftar nama pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat SMP/MTs se-kabupaten Ketapang kelompok IPA dan IPS. Kelompok IPA: Juara 1 SMPN 1 Sungai Melayu Rayak, Juara 2 SMPS Integral Ulil Albab Delta Pawan, Juara 3 SMPN 4 Benua Kayong. Kelompok IPS : Juara 1 SMPN 4 Matan Hilir Selatan, Juara 2 SMPN 1 Delta Pawan, Juara 3 SMPN 2 Benua Kayong. (ser/pms)

error: Content is protected !!