SNNU Kalbar Gelar Salat Gaib Buat Prajurit AL Nanggala 402
Pengangkatan Badan Kapal Selam Sedang Diupayakan

MENDOAKAN: Pelaksanaan salat gaib, mendoakan prajurit TNI AL Nanggala 402 yang  telah gugur dalam tugas. ISTIMEWA

Lantunan doa dan tahlil sekaligus salat gaib dilakukan para pengurus wilayah Serikat Nelayan Nahdatul Ulama Kalimantan Barat buat para syuhada prajurit TNI Angkatan laut KRI Nanggala 402, saat buka puasa bersama anak yatim, Minggu (2/5). Iringan doa itu dipanjat, berharap ke depan tiada lagi bencana menghampiri Indonesia

MIRZA AHMAD MUIN, Pontianak

PIMPINAN Wilayah Serikat Nelayan Nahdatul Ulama Provinsi Kalimantan Barat, Minggu sore mengadakan kegiatan buka puasa bersama dengan anak yatim piatu. Dalam kegiatan itu, usai berbuka puasa sekaligus melaksanakan salat gaib yang ditujukan pada prajurit TNI Angkatan Laut KRI Nanggala 402 yang kapalnya tenggelam di  perairan Bali belum lama ini. Doa-doa terpanjat buat para prajurit TNI Angkatan Laut yang telah gugur dalam tugas.

“Pengurus SNNU Kalbar melaksanakan buka puasa bersama sekaligus salat gaib buat para syuhada prajurit TNI AL KRI Nanggala 402. Pelaksanaan salat gaib ini dilakukan se Indonesia oleh SNNU. Sekaligus instruksi PBNU pada kami buat salat gaib serta doa dan tahlil,” ujar Ketua SNNU Kalbar, Hasbullah.

Para prajurit Nanggala 402 yang telah gugur dalam tugas, jelasnya merupakan para syuhada. Mudah-mudahan keluarga korban dapat diberikan ketabahan. Para anak-anaknya juga bisa sukses dan dapat menyelesaikan hingga jenjang Pendidikan paling tinggi.

Saat pelaksanaan salat gaib itu, turut dihadiri Kolonel Laut (P) Wadan Lantamal XII Pontianak Syamsul Rizal. “Pemerintah sudah  resmi menetapkan bahwa Nanggala 402 tenggelam. Sebanyak 53 prajurit telah gugur dalam peristiwa ini,” ujar Rizal.

Kabar terbaru yang  ia terima, meskipun kapal Nanggala 402 sudah dinyatakan tenggelam dan semua korban dinyatakan meninggal. Namun TNI AL tetap berusaha mengangkat badan kapal selam ini ke daratan. Kerja sama dengan Angkatan Laut dibeberapa negara akan dilakukan buat mengangkat badan kapal selam Nanggala 402 ini.

Terkait pelaksanaan salat gaib buat prajurit TNI Al Nanggala 402, oleh SNNU Kalbar merupakan wujud belangsungkawa. Menurutnya, SNNU merupakan mitra TNI AL. Sinergi antara Lantamal dengan SNNU berkaitan dengan serikat nelayan NU selaku Angkatan Laut akan terus dilakukan. Utamanya pembinaan dan asistensi potensi kemaritiman di perairan Kalbar. “Salah satu tugas kami memberikan pembinaan terhadap nelayan,” ujarnya.

Rois Syuriah PWNU Provinsi Kalbar, Syahrul Yadi memandang kegiatan ini sangat positif. Merupakan bentuk sinergi PWNU, SNNU dan Lantamal membangkitkan semangat kelautan di Kalbar.(*)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!