Sosialisasi Empat Pilar

FOTO BERSAMA: Erlinawati diabadikan bersama para peserta Sosialisasi Empat Pilar MPR-RI di Gedung TP-PKK Kapuas Hulu, Selasa (11/2). ISTIMEWA

UNCAK

ANGGOTA MPR RI Erlinawati mengadakan Sosiailisasi Empat Pilar MPR RI di Gedung TP-PKK Kapuas Hulu, Selasa (11/2) lalu. Kegiatan tersebut melibatkan ratusan perserta dari Tim Penggerak PKK Kapuas Hulu dan masyarakat Kapuas Hulu.

Dalam pemaparannya, Erlinawati mengatakan bahwa kaum ibu memiliki peranan penting dalam pembentukan karakter anak-anak dalam keluarga. “Madrasah pertama adalah keluarga, oleh karena itu penting bagi emak-emak menanamkan nilai-nilai kebangsaan dalam keluarga, terlebih di era globalisasi yang mampu menembus ruang dan waktu,” ungkap senator RI daerah pemilihan Kalbar tersebut.

Menurutnya, anak-anak sedari dini harus dilibatkan dalam mengambil keputusan, agar mereka bertanggung jawab. “Anak-anak kita jadikan teman dan sahabat, tempat mereka bertanya dan berkeluh kesah. Jangan malu untuk minta maaf kalau  memang kita salah,” ungkap senator yang memiliki empat anak ini.

Dijelaskan dia juga bahwa Kabupaten Kapuas Hulu merupakan wilayah berbatasan darat langsung dengan Malaysia, sehingga berpotensi dan rentan terhadap pengaruh negatif yang berasal dari luar. Dimisalkan dia seperti dampak buruk penyalahgunaan narkoba dan barang ilegal lainnya.

“Masyarakat Kapuas Hulu harus memiliki ketahanan keluarga dan budaya yang kuat, agar pengaruh dari luar tidak mampu mempengaruhi nilai-nilai positif yang sudah tertanam dalam keluarga dan masyarakat Kapuas Hulu,” ujar sosok yang juga istri Bupati Kapuas Hulu tersebut.

Menurut dia, tidak selamanya globalisasi memiliki dampak negatif. Dia berpandangan bahwa globalisasi juga memiliki dampak positif yang dapat membawa masyarakat dan bangsa kita lebih maju. “Globalisasi membantu kita melihat dunia lebih luas dengan pertukaran budaya dan informasi, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dari negara lain dapat membantu meningkatkan produktivitas kita dalam bekerja,” ujar anggota Komite III DPD RI ini.

Dalam kesempatan tersebut masyarakat juga meminta agar sosialisasi ini terus dilakukan terutama untuk anak-anak muda, komunitas, sekolah-sekolah, mahasiswa dengan bentuk yang lebih menarik dan atraktif, sehingga menarik bagi mereka. (arf)

loading...