Sosialisasi Penggunaan MKJP Vasektomi, Kades Kepayang; Vasektomi Tekan Angka Kelahiran

ANJONGAN-Kepala Desa Kepayang Kecamatan Anjongan Kabupaten Mempawah, Rusdianto terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar mau menggunakan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) bagi pria. Sebagai pengguna alkon pria jenis vasektomi dirinya merasa banyak sekali manfaatnya. Salah satunya mampu menekan angka kelahiran.

“Sebelum menggunakan MKJP jenis vasektomi, saya terlebih dulu mempelajari dan mendengarkan penjelasan dari dokter. Utamanya dampak ketika menggunakan vasektomi. Setelah saya diberi penjelasan, kemudian saya diskusi dengan istri dan disetujui. Akhirnya saya gunakan. Sekarang sudah jalan tiga tahun, dan baik-baik saja,” terang Kepala Desa Kepayang, Rusdianto yang menggunakan alkon vasektomi.

Ia menjelaskan, setelah memiliki tiga putri iapun memutuskan tidak lagi berencana memiliki anak. Oleh karenanya, iapun memutuskan untuk menggunakan vasektomi.

Memang kata dia, bagi pria agak asing dengan MKJP jenis vasektomi. Angka pengguna vasektomi di desanya juga terbilang belum begitu banyak. Sambutan masyarakat dengan vasektomi masih agak ragu.

Ada yang takut karena bayangan mereka akan bermasalah dalam urusan kebutuhan seksual. Dirinya yang sudah menggunakan vasektomi selama tiga tahun, nyatanya baik-baik saja. Termasuk urusan seksual dikatakannya tidak mengalami keluhan.

Upaya sosialisasi agar masyarakat utamanya pria yang telah memiliki anak dan tidak berkeinginan menambah anak, sudah dilakukannya.

Caranya dengan menggandeng tokoh masyarakat lintas agama. “Disini kita sosialisasikan agar masyarakat mau ikut serta,” ungkapnya.

Selain dirinya, belum lama ini warga setempat juga memasang vasektomi. Beliau salah satu kepala dusun di Desa Kepayang. Melalui Kadus tersebut sosialisasi tentang pemasangan vasektomi terus dilakukan. “Informasi ini terus saya sampaikan ke masyarakat. Saya juga kerap menceritakan pengalaman saya menggunakan vasektomi,” tandasnya.(iza)

error: Content is protected !!