Sosialisasi Penurunan Stunting Jangkau Desa Nanga Serawai

SINTANG-Sosialisasi materi dan media KIE PRO PN dalam upaya penurunan stunting terus dilakukan BKKBN Kalimantan Barat. Belum lama ini kegiatan tersebut dilakukan di Desa Nanga Serawai, Kabupaten Sintang.

“Setelah ke Sandai, kami ke Desa Nanga Serawai untuk melakukan sosialisasi penurunan stunting. Mudah-mudahan informasi yang disebar ini bisa kembali diestafetkan kepada masak setempat,” kata Kepala BKKBN Kalbar, Kusmana belum lama ini.

Kegiatan Pro PN (Proyek Prioritas Nasional) lebih fokus kepada keluarga yang memiliki batuta. Karena BKKBN memiliki target batuta lepas dari stunting dan kekurangan gizi. Hal tersebut sesuai dengan kebijakan penyiapan sumber daya manusia yang unggul agar Indonesia maju.

Salah satunya melalui kegiatan sosialisasi pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Serta menjadi orang tua hebat bagi remaja dan balita.

“Di Kalbar kita lebih fokus terhadap masyarakat kampung KB, karena wilayahnya jauh, perbatasan, terpencil, susah akses,” katanya.

Kegiatan semacam ini diharap bisa memberikan pencerahan bagi keluarga. Agar keluarga menyiapkan secara baik untuk kehidupannya. Kemudian untuk remaja diharapkan tidak menikah di usia remaja.

Dari informasinya Kecamatan Serawai miliki 38 desa. Tugas berat bagi penyuluh KB nya. Pasalnya hanya ada dua petugas di sini. Apalagi lokasi Desa Serawai cukup jauh. Dia meminta petugas KB di sini tetap semangat memberikan pelayanan kepada masyarakat setempat.(iza)