Spill The Tea, Bongkar Aib masa Kini

“SPILL dong tehnya! Jangan disimpan sendiri aja!” Wah, kenapa nih? Kok teh mau ditumpahin? Nanti banjir dong? Eits, tunggu dulu, ini bukan semacam minuman teh yang biasa kalian minum. Slang itu tentu udah sering kalian temuin di timeline medsos, terutama Twitter. Ada apa sih dengan slang tersebut? Yuk, kenalan lebih lanjut!

Slang spill the tea marak digunakan di media sosial untuk membuka atau membocorkan informasi yang dirasa belum banyak orang yang mengetahuinya. Sebelas dua belas lah ya dengan membongkar aib. Kasarannya, istilah itu memang digunakan untuk bergosip.

Mengutip Merriam Webster, spill the tea atau talk the tea merujuk pada kegiatan yang memberitahukan kebenaran atau membongkar rahasia. Slang tersebut semakin populer dengan meme yang divisualisasikan Kermit the Frog yang tengah meneguk secangkir teh.

Ketika hendak membocorkan sesuatu alias splling a tea on something, mereka akan membuat thread yang berisi cerita atau kronologi. Bisa saja thread yang sebenarnya ditujukan untuk curhat malah menjadi wadah untuk bergosip.

Wajar jika manusia suka bergosip, ini juga berakar dari sifat alamiah kita yang hidup berkelompok. Bergosip merupakan salah satu cara untuk mengetahui informasi orang-orang di lingkungan sekitar. Manusia juga akan terus mencari informasi hingga merasa puas dengan apa yang diperoleh.

Pasalnya, gosip bisa jadi salah satu senjata ampuh untuk membongkar aib seseorang. Misalnya, yang baru-baru ini dialami member boygroup Monsta X, Shownu, dan Wonho yang aibnya disebarkan Han Seo Hee bersama kekasihanya, Jung Da Eun. Pasangan kekasih tersebut membongkar rahasia masa lalu Wonho yang dulu sempat mendekam di penjara anak dan memiliki utang jutaan won yang belum dibayarkan kepada Da Eun. Dilansir Soompi, Han Seo Hee juga melanjutkan serangannya dalam membongkar aib dari Shownu yang pernah menjalani hubungan gelap dengan wanita yang telah bersuami. Ngeri juga ya jejak masa lalu ini?

Fenomena spill the tea itu paling sering dijumpai di media sosial. Sebanyak 78,2% di antaranya ditulis melalui Twitter. Mengutip data Strawpoll, sebanyak 56,4% netizen mengaku senang dengan informasi rahasia apabila menyangkut figur terkenal seperti artis, penyanyi, atau selebgram.

Berdasar laporan dari salah satu akun auto menfess di Twitter, Area Julid, kurang lebih dalam sehari bisa menerima 80–90 cuitan Twitter yang mengarah pada spilling on tea.

“Seringnya sih tea dari orang-orang biasa alias bukan dari pihak public figure. Tapi, karena informasinya bikin penasaran, lama-kelamaan jadi tren,” ujar salah seorang admin.

Sebanyak 8 di antara 10 responZet juga sering memulai spill the tea lewat akun auto base atau menfess secara anonim karena merasa lebih aman dengan privasinya. Ketika membocorkan informasi, ada kalanya kita perlu izin lebih dulu dengan yang bersangkutan agar tidak terjadi kesalahpahaman. Nanti kalau kita sendiri yang di-spill, bisa berabe deh jadinya. (mel/c12)

 

Read Previous

Berkat Serangan Cepat

Read Next

Mengatasi Si Kecil Tanpa Intonasi Keras

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *