Pemilu Serentak
Sumarto: Kami Gelar Persiapan Lebih Awal

Martinus Sumarto

SANGGAU-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sanggau menggelar persiapan tahapan pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024 yang dijadwalkan pelaksanaanya pada penghujung tahun 2022 mendatang, mengingat pelaksanaan pemilu dan pemilihan yang akan datang dilaksanakan pada tahun yang sama.

“Pemilu dan pemilihan tahun 2024 memiliki kompleksitas dan tantangan tersendiri sehingga perlu persiapan yang matang. Jadi jauh-jauh hari sudah kami persiapkan,” ungkap Ketua KPU Sanggau, Martinus Sumarto, Selasa (26/10).

Dikatakannya, salah satu upaya yang dilakukan yakni kesiapan dari segi personil atau sumber daya manusia di lingkungan KPU Kabupaten Sanggau. Diantaranya, persiapan terkait dengan perkembangan regulasi, program dan anggaran melalui bimbingan teknis, rapat koordinasi serta sosialisasi baik dari KPU Provinsi Kalimantan Barat maupun dari KPU Republik Indonesia.

Untuk persiapan di KPU Sanggau, Sumarto menyebut telah mempersiapkannya secara khusus, terutama persiapan yang berhubungan dengan rencana kebutuhan anggaran kegiatan.

“Saat ini KPU Kabupaten Sanggau sedang melakukan penyusunan terhadap rencana anggaran kegiatan tersebut dengan target rampung di akhir oktober 2021 ini, yang selanjutnya akan dibahas bersama dengan Pemerintah Daerah sebagai pemberi Hibah,” katanya.

Dalam upaya meningkatkan Data Pemilih yang berkualitas, KPU Kabupaten Sanggau diakuinya juga telah melakukan kegiatan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) sejak tahun 2020 yang lalu dengan melibatkan instansi dan dinas terkait, Bawaslu, Partai Politik dan masyarakat.

Disamping itu, dalam upaya memberikan pendidikan politik dan peningkatan partisipasi masyarakat, KPU Kabupaten Sanggau telah melakukan kegiatan webinar, sosialisasi kepada stakeholder pemilu dan bersinergi dalam kegiatan Kesbangpol Kabupaten Sanggau. (sgg)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!