Sutarmidji Apresiasi Pertumbuhan Desa Mandiri di Kubu Raya

SUNGAI RAYA — Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menilai pembangunan di Kabupaten Kubu Raya mengalami banyak kemajuan yang cukup baik. Salah satu indikatornya kata dia, bisa dilihat diusia Kubu Raya yang kini menginjak 13 tahun, namun sudah tidak ada lagi desa tertinggal dan desa sangat tertinggal di kabupaten ini.

“Saat ini semua pembangunan menuju pada konsep pembangunan desa mandiri. Dan Kubu Raya saat ini sudah memiliki 25 desa mandiri, saya yakin tahun depan jumlah desa mandiri di Kubu Raya peluangnya bisa bertambah menjadi 30 hingga 35 desa mandiri,” kata Sutarmidji usai menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT ke-13 Kubu Raya, Jumat (17/7) di Halaman Kantor Bupati Kubu Raya.

Orang nomor satu di Pemerintahan Kalimantan Barat ini menginginkan peningkatan jumlah desa mandiri di Kalimantan Barat termasuk di Kubu Raya. Menurutnya ada 52 indikator yang harus dipenuhi untuk menjadi desa mandiri.

Dia menilai, jika semua indikator desa mandiri tersebut bisa terpenuhi, maka setiap desa bisa lebih cepat kemajuannya dan masyarakatnya bisa lebih hidup, sejahtera, aman, tentram dan damai.

“Karena kalau sebuah desa menjadi desa mandiri, maka indeks kekuatan sosialnya bagus, indeks kekuataan ekonomi bagus, indeks kekuatan lingkungan bagus. Jika tiga indeks ini sudah baik, maka desa tersebut bisa menjadi desa yang menjawab setiap tantangan yang dihadapi,” pungkasnya. (ash)

error: Content is protected !!