Swab Nunggu Pemudik

Aron

MENINDAKLANJUTI Peraturan Pemerintah Pusat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sekadau akan membangun dua pos pemeriksaan. Rencananya, pos pemeriksaan itu akan dibangun di Sungai Kunyit dan Simpang 4 Kayu Lapis, seminggu sebelum dan sesudah Lebaran.

“Artinya nanti orang yang datang ke Sekadau kita swab antigen. Kalau yang ke Sintang tidak (di-swab antigen),” kata Bupati Sekadau Aron.

Bupati juga meminta Satgas Covid-19 untuk membuat stiker sebagai penanda untuk pemudik dan dikembalikan di pos berikutnya. Hal ini sebagai antisipasi mereka bila ada pemudik yang ingin mengelabui petugas.

“Jangan sampai nanti mereka mengakali kita (petugas, Red). Katanya ke Sintang, tapi balik ke Nanga Mahap. Kalau perlu dicatat pelat nomornya,” ujar Aron.

Aron mengatakan, hal ini merupakan ketegasan Pemkab. Ia tak ingin bila kasus korona semakin bertambah di Sekadau.

“Kalau ada yang ditemukan pemudik, orang Sekadau positif, maka diantar oleh petugas ke lokasinya. Dia harus diisolasi,” ungkap Aron.

Aron menegaskan, Satgas Covid-19 tidak akan memberikan toleransi kepada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan. Bila ditemukan masyarakat yang tidak menggunakan masker, maka langsung mereka swab antigen.

“Saya tegaskan hari ini, bahwa kami tidak mentolerir masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan. Lebih baik kita mengorbankan satu orang daripada mengorbankan banyak orang nantinya. Ini menjadi tugas berat pemerintah ke depannya,” tegasnya.

Ia melanjutkan, karena memang kondisi di Sekadau saat ini angka keterjangkitan yang cukup tinggi. Oleh karena itu ia tegaskan bahwa Pemkab tidak mentolerir kepada masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan

“Mudah-mudahan untuk ke depannya kasus terkonfirmasi Covid-19 ini dapat turun, sehingga kita juga bisa leluasa untuk bersosialisasi, jika terus seperti ini kita tidak akan bisa leluasa untuk bertemu dengan keluarga dan lain sebagainya,” tutupnya. (var)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!