Tahan Diri untuk Swafoto

Peringatan 17 Agustus 2019 menjadi pengalaman berkesan bagi Setiadi. Dia mendapat kesempatan menginjakkan kaki di Istana Merdeka. Bahkan, tak sekadar berkunjung, news presenter TVRI Kalbar ini turut berkontribusi menjadi seorang Protokoler Perbantuan Istana Kepresidenan 2019.

Oleh: Ghea Lidyaza Safitri

Sejak lama Setiadi ingin masuk ke dalam Istana Kepresidenan. Tahun ini, 2019, dia berhasil mewujudkannya. Pria kelahiran Sungai Ambawang, 19 April 1993 ini pun sangat antusias menceritakan pengalamannya selama tiga minggu di sana.

Pria yang akrab disapa Adi ini menuturkan kegiatan Protokoler Perbantuan Istana Kepresidenan ini merupakan kegiatan rutin. Diselenggarakan oleh Kementerian Sekretariat Negara yang melibatkan banyak unsur.

“Tujuannya, untuk membantu pelaksanaan 17 Agustus 2019 di Istana Merdeka. Tim yang tergabung terdiri dari 25 orang (baik perrnpuan maupun pria) dari 34 Provinsi di Indonesia yang terpilih,” ujarnya.

Ada tahapan yang dilalui untuk bergabung di sana. Dimulai dari mengirimkan berkas seperti menuliskan identitas standar, prestasi yang diraih, pendidikan dan lainnya. Menurut anggota Paskibraka Kubu Raya 2010 ini, berkas yang dikirimkan ini berupa portofolio yang menjelaskan tentang diri.

“Jika diibaratkan seperti menjual diri lewat prestasi dan pengalaman yang pernah diraih. Setelah diseleksi dan dinyatakan lulus, pemuda-pemudi terpilih ini datang ke Jakarta,” tutur Ketua Purna Paskibraka Indonesia Kubu Raya 2014 sampai 2018.

Kegiatan di Istana Kepresidenan dimulai dari tanggal 31 Juli hingga 20 Agustus 2019. Salah satu tugas yakni membantu persiapan kegiatan yang berkaitan dengan perayaan 17 Agustus di Istana Merdeka. Seperti, pelaksanaan pagelaran wayang, pengukuhan Paskibraka Nasional pada 15 Agustus 2019.

“Serta, pengibaran dan penurunan bendera pada 17 Agustus 2019. Seluruh kegiatan ini di bawah arahan biro protokol kementrian sekretariat negara,” jelasnya.

Read Previous

Defisit Daging di Kalimantan Barat

Read Next

Diskominfo Kalbar Wujudkan Proses Perizinan yang Cepat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *