Tak Lagi Datangkan Sapi Kurban dari Luar Daerah

PEMERIKSAAN: Petugas pemeriksa sedang memastikan kelayakan fisik hewan kurban di masing–masing sentra peternakan sapi, Rabu (29/7) kemarin. ISTIMEWA

SANGGAU – Kabupaten Sanggau tidak lagi mendatangkan sapi untuk kurban dari luar daerah berkat swasembada. Klaim tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau, Dadan Sumarna, Rabu (29/7).

“Sanggau sudah swasembada. Jadi tidak lagi mendatangkan sapi untuk kurban dari daerah lain. Ada beberapa kecamatan yang menjadi sentra, khususnya jenis sapi bali. Sentra budidaya sapi Bali kita ada di Meliau, Mukok, dan Semerangkai,” ungkapnya.

Menurutnya, persediaan sapi di sejumlah sentra peternakan di Sanggau sudah mencukupi kebutuhan hewan kurban tahun 2020. Bahkan, stok sapi Bali dari peternakan di Kabupaten Sanggau juga dikirim keluar daerah.

Jelang Iduladha 1441 Hijriah, pihaknya telah melakukan pemeriksaan memastikan kelayakan fisik hewan kurban di masing-masing sentra peternakan sapi. Hal tersebut dilakukan mereka agar hewan kurban memenuhi syarat secara syariat dan juga kesehatannya. Petugas mereka juga akan memantau proses penyembelihan dan memeriksa bagian dalam tubuh hewan kurban.

“Kalau memenuhi persyaratan sehat, cukup umur dan tidak cacat, nanti kami beri tanda layak untuk kurban. Nanti pada saat penyembelihan, petugas kami juga akan memeriksa bagian hati hewannya, khawatir ada cacing,” katanya. (sgg)

loading...