Takkan Terhadang

MU : Manchester United akan menjamu dan harus meladeni tantangan klub asal Austria, LASK Linz  di leg kedua babak 16 besar Liga Europa 2019/20, Kamis (6/8). FOTO : EVENING STANDARD

Manchester United (MU) akan menjamu dan harus meladeni tantangan klub asal Austria, LASK Linz  di leg kedua babak 16 besar Liga Europa 2019/20, Kamis (6/8). Mungkin hanya keajaiban yang bisa membuat MU gagal lolos ke babak berikutnya. Laga leg kedua ini akan dimainkan di Old Trafford.

Pada leg pertama di Austria, bulan Maret 2020 lalu, yang juga merupakan pertemuan perdana mereka, MU menghabisi LASK lima gol tanpa balas. Pasukan Ole Gunnar Solskjaer menghajar LASK lewat gol-gol Odion Ighalo, Daniel James, Juan Mata, Mason Greenwood, dan Andreas Pereira.

Kemenangan telak dari leg pertama itu membuat MU sangat diunggulkan untuk lolos ke perempat final. Pasalnya, hampir mustahil bagi LASK mencetak enam gol di Old Trafford untuk membalikkan keadaan.

Dalam 17 partai knockout kompetisi UEFA di mana mereka menang tandang pada leg pertama, MU selalu berhasil lolos ke babak berikutnya. Kali ini pun, seperti dilansir Bola.net, Red Devils sepertinya kembali takkan terhadang.

Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, dilaporkan akan melakukan perombakan di laga Liga Europa melawan LASK. Jelang pertandingan ini, United berkewajiban untuk menyetor daftar pemain yang akan berlaga di kompetisi ini. Tercatat ada tiga pemain yang dicoret dalam daftar tersebut. Berdasarkan rilis resmi yang dikeluarkan Manchester United, ada tiga pemain yang dicoret dalam daftar pemain mereka ini.

Nama pertama adalah Angel Gomez. Playmaker muda itu dicoret karena ia saat ini sudah tidak berstatus sebagai pemain Manchester United lagi.

Dua pemain lainnya, yaitu Axel Tuanzebe dan Luke Shaw terpaksa dicoret karena keduanya mengalami cedera dan tidak bisa bermain hingga akhir Liga Europa nanti.

Selain mencoret tiga nama, Manchester United juga menambahkan satu pemain di daftar skuat mereka. Pemain itu adalah Timothy Fosu-mensah. Sang bek diikutsertakan setelah pulih dari cedera lama yang menghampirinya. Pemain berikutnya adalah bek tengah berusia 18 tahun. Bek muda MU, Teden Mengi diyakini bakal mendapatkan debut yang diharapkan menjadi pelapis lini pertahanan MU di sisa musim ini.

Manchester United baru memainkan pekan yang padat di Premier League 2019/2020. Setan Merah meraih hasil yang cukup bagus dengan finis di posisi ketiga klasemen akhir Premier League.

Lanjutan Liga Europa 2019/2020 bakal digelar dengan format yang berbeda. Jadwal padat sudah menanti setiap tim jika mampu terus melaju. Formatnya tidak lagi memakai sistem home dan away saat masuk perempat final.

Sebagai gambaran, format yang dipakai mirip dengan Piala Dunia atau Euro. Setiap tim yang menang akan berjumpa pemenang laga lain. Nantinya, pertandingan digelar dengan jeda tiga hingga empat hari.

Dengan jadwal yang padat itu, dikutip dari Metro, Solskjaer tak ingin mengambil resiko memainkan tim utama di laga melawan LASK. Ada pertimbangan yang dipikirkan Solskjaer untuk memainkan tim muda saja.

Pertama, United unggul 5-0 secara agregat dan punya peluang besar lolos ke perempat final. Kedua, pemain seperti Paul Pogba, Bruno Fernandes, dan Nemanja Matic, telah memainkan banyak laga di akhir musim Premier League dan kini kelelahan. Solskjaer menyiapkan mereka untuk laga lebih penting dan berat di babak perempat final.

Solskjaer tidak punya banyak opsi di lini pertahanan, terutama bek tengah. Harry Maguire dan Victor Lindelof butuh waktu istirahat dan tidak akan dipaksakan bermain. Sedangkan, Phil Jones dan Eric Bailly mengalami cedera dan belum sembuh saat berjumpa LASK.

Memberi debut untuk Teden Mengi menjadi rencana yang diyakini akan diwujudkan oleh sang manajer. Selain Teden Mengi, pemain muda lain seperti James Garner, Tahith Chong, dan Ethan Laird semuanya telah berlatih dengan tim utama. Mereka diyakini bakal menjadi opsi utama Solskjaer untuk laga kontra LASK.

Sementara itu, Sebuah angin segar datang bagi Manchester United. Striker incaran mereka, Raul Jimenez diberitakan akan dijual oleh Wolverhampton di musim panas nanti.

Striker 29 tahun itu diberitakan menjadi salah satu incaran Manchester United di musim panas ini. Sang striker diproyeksikan menjadi pesaing Anthony Martial di lini serang MU musim depan.

“Saya rasa Wolves cukup terbuka untuk berpisah dengan Jimenez saat ini,” klaim Duncan Castles kepada Transfer Window Podcast.

Menurut klaim Castles, pihak Wolverhampton menyadari bahwa mereka tidak punya kekuatan untuk mempertahankan sang striker. Untuk itu mereka akan melepaskan Jimenez di musim panas nanti.

“Mereka [Wolverhampton] siap membiarkan ia pergi jika mahar transfer yang mereka tetapkan terpenuhi.”

“Dia [Jimenez] bisa pergi ke klub besar karena ia sudah membuktikan diri di Premier League. Dia sudah bermain dengan sangat baik di kompetisi Eropa dan ia masih berusia 29 tahun.”

Castles menyebut bahwa saat ini pihak Wolverhampton tengah menunggu tawaran yang masuk untuk Jimenez.

Jadi jika ada klub yang memenuhi nilai transfer yang ditetapkan Wolverhampton maka sang striker akan dilepas di musim panas ini.

“Jika Manchester United atau Juventus yang meminatinya datang dengan tawaran yang tepat, maka ia akan diijinkan untuk pergi.” ujarnya.

Di lain pihak, spekulasi masa depan Chris Smalling resmi berakhir. Sang bek mengonfirmasi bahwa ia akan meninggalkan AS Roma dan kembali ke Manchester United dalam waktu dekat ini. Smalling saat ini berstatus sebagai pemain Manchester United. Namun tahun lalu, ia sepakat dipinjamkan ke AS Roma selama satu musim.

Selama di Roma, Smalling bisa dikatakan tampil dengan impresif. Alhasil AS Roma berharap untuk mempermanenkan sang bek. Namun upaya Roma untuk mempermanenkan Smalling menemui kegagalan. Itu diindikasikan dari unggahan sang bek baru-baru ini.

Melalui akun twitternya, Smalling mengindikasikan bahwa AS Roma gagal untuk menego MU terkait transfernya. “Saya kecewa karena saya tidak bisa menyelesaikan apa yang kita semua mulai di awal musim ini.”

“Bisa merasakan cinta yang besar dalam waktu singkat benar-benar terasa spesial bagi saya dan saya tidak akan pernah melupakan ini. Saya ingin berterima kasih dan mendoakan yang terbaik bagi para pemain dan staff saat melawan Sevilla. DAJE ROMA!”

Menurut gosip yang beredar, Manchester United sebenarnya sudah membuka pintu bagi Roma untuk memiliki Smalling. United sudah menetapkan mahar transfer sang bek. Mereka menginginkan tidak kurang dari 20 juta Euro untuk bek Timnas Inggris itu.

Namun Roma nampaknya kesulitan memenuhi tuntutan MU tersebut sehingga mereka memutuskan mundur. (ist)

 

 

loading...