Tanam Perdana Padi Varietas Inpari

TANAM PADI: Pj Bupati Bengkayang, Yohanes Budiman saat menanam padi Inpari di Demplot milik Poktan Karya Bersama, di Desa Cipta Karya, Kecamatan Sungai Betung, Senin (16/11). Humas for Pontianak Post

Pj Bupati Minta Petani Lebih Inovatif

BENGKAYANG – Pj. Bupati Bengkayang, Yohanes Budiman didampingi Ketua TP PKK Kabupaten, Ny.Helena Budiman melakukan penanaman perdana padi Varietas Inpari Muqibat di Demplot milik kelompok tani (Poktan) Karya Bersama, Desa Cipta Karya, Kecamatan Sungai Betung, Senin (16/11) pagi.

Pada kesempatan yang sama, Pj Bupati juga menyerahkan bantuan secara simbolis berupa benih padi, berbagai jenis pupuk, dan obat-obatan kepada petani setempat. Pj Bupati melalui Plt Kadis Pangan Pertanian dan Perkebunan, Erlianus menyebutkan bahwa dengan adanya program-program seperti ini, tentunya masyarakat khususnya kelompok tani lebih dapat merasakan kehadiran pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan kaum tani.

Maka dari itu, kata dia, kesempatan tersebut harus benar-benar dimanfaatkan oleh petani. “Tadi kita sudah dengar bahwa salah satu kendala yang masih dialami petani dalam rangka meningkatkan produktivitas pertanian di antaranya ketersediaan pupuk, sarana dan prasarana penunjang lainnya seperti irigasi, jalan tani, benih, alat mesin pertanian,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Erlianus juga berpesan bagi setiap kelompok tani yang sudah memiliki sarana prasarana pertanian agar dapat dikelola dengan baik agar mampu memberikan manfaat kepada para petani. “Usahakan agar hasil pertanian ini dapat meningkatkan kesejahteraan kelompok tani, khususnya di sekitar Desa Cipta Karya, Kecamatan Sungai Betung, Kabupaten Bengkayang.

Kendati demikian, dirinya juga mengungkapkan kondisi di lapangan seperti saat ini dimana masih banyak petani yang belum menyadari arti pentingnya bertani dengan cara berkelompok karena masih dihinggapi rasa negatif. Padahal, menurutnya dengan berkelompok, usaha akan lebih mudah dalam banyak hal.

“Termasuk dalam upaya pengendalian hama. Maka dari itu, saya minta kepada yang sudah bentuk kelompok, sampaikan dengan petani lain yang belum bergabung dalam kelompok tani agar memudahkan usaha pertanian serta keterlibatan pemerintah,” pesannya.

Di sisi lain, ia juga menekankan bahwa salah satu hal yang ditekankan oleh Pj Bupati dalam meningkatkan mutu dan kualitas hasil tani yang ada di Bengkayang saat ini adalah perlunya perubahan mindset bagi setiap petani. Hal tersebut dibutuhkan agar kaum tani yang ada ke depannya lebih inovatif dan berorientasi bisnis pada hasil pertanian.

“Tadi juga Pj Bupati Bengkayang turut mengapreasiasi kegiatan seperti ini dan meminta saya untuk mengingatkan kepada para petani agar ke depannya bisa lebih inovatif lagi. Salah satu upaya agar itu bisa terwujud adalah dengan membentuk dan bergabung dalam kelompok tani itu sendiri,” pungkasnya.(sig)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!