Tangani Bencana Alam, Siagakan Tim SAR Yonko 465 Paskhas

SUNGAI RAYA — Komandan Lanud Supadio, Marsma TNI Palito Sitorus mengatakan profesionalisme Paskhas selalu di uji kesiapsiagaan termasuk di bidang SAR, yang saat ini di titik beratkan pada SAR kemanusiaan.

Menurut Palito, para pemimpin TNI AU sangat mengerti terhadap kemampuan Paskhas tentang bidang SAR yang boleh dibilang sangat mumpuni.

“Khususnya Yonko 465 Paskhas yang selalu berlatih mempertajam insting dan kemampuan di bidang SAR tempur dan SAR kemanusiaan bersama pihak terkait di wilayah Kalimantan Barat,” kata Palito Sitorus usai memimpin Apel Gelar Kesiapsiagaan Satuan Tugas Bencana Alam di Appron Lanud Supadio, Senin (13/1).

Apel kesiapsiagaan yang diikuti SAR Yonko 465 Paskhas tersebut merupakan tindak lanjut dari perintah Kepala Staf Angkatan Udara dan instruksi Panglima Komando Operasi Angkatan Udara I Khususnya di Pangkalan TNI Angkatan Udara Supadio guna mengantisipasi terjadinya bencana banjir, longsor dan angin puting beliung akibat terjadinya perubahan cuaca ekstrim di tahun 2020.

Dantim SAR Yonko 465 Paskhas, Letda Pas Albana Riski, S. Tr. Han menambahkan, dalam Tim SAR Yonko 465 Paskhas terdapat 4 pesonel yang memiliki kualifikasi selam tempur yang merupakan lulusan terbaik Satuan Pendidikan Khusus Pusdiklat Paskhas di Bandung dan sebanyak 38 personel memiliki kualifikasi selam Indonesia.

“Semua personel Tim SAR Yonko 465 Paskhas ini akan selalu disiagakan dan siap diterjunkan, jika sewakjtu-waktu dibutuhkan dalam hal penanganan bencana alam seperti banjir, puting beliung dan tanah longsor,” ungkapnya. (ash)

Read Previous

Amankan Kayu tak Berdokumen

Read Next

Ayo #dietplastik dari Sekarang

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *