Tangkal Corona dan DBD, Relawan PPP Bersih Lingkungan dan Rumah Ibadah

PONTIANAK-Relawan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Pontianak, Rabu (25/3) pagi melakukan pembersihan lingkungan sekaligus penyemprotan disenfektan di rumah ibadah dan rumah masyarakat di Gang Transmigrasi, Kecamatan Pontianak Tenggara. Tindakan tersebut dalam upaya membantu pemerintah memperkecil meluasnya virus covid-19 di Kota Pontianak.

Relawan Satgas PPP Pontianak, Ahmad Bustomi mengatakan, kegiatan sosial kali ini melakukan pembersihan lingkungan sekaligus penyemprotan disenfektan di rumah ibadah dan rumah warga Gang Transmigrasi Kecamatan Pontianak Tenggara.

Pihaknya juga memberikan penyuluhan atau edukasi tentang tata cara masyarakat jika ingin melakukan penyemprotan mandiri dalam upaya pencegahan covid-19 tidak menyebar.
“Selain itu, kami juga meminta masyarakat untuk sering mencuci tangan dan menjaga kebersihan serta untuk sementara waktu berdiam diri di rumah. “Kegiatan yang kami buat ini sebelumnya sudah dilaksanakan di Kecamatan Pontianak Kota, Timur dan Barat,” ungkapnya.

Ketua PPP Pontianak, Herman Hofi Munawar menjelaskan, ada dua persoalan yang dihadapi sekarang. Selain wabah virus corona, Demam Berdarah Dangue (DBD) juga mengintai masyarakat. Maka dari itu, gerakan sosial yang dilakukan ini sekaligus menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan tempat mereka tinggal.

Dikondisi seperti ini, aturan pemerintah agar masyarakat tetap diam di rumah dipandangnya baik. Namun akibat tidak memiliki banyak ruang gerak, akan berpengaruh pada sendatnya ketersediaan kebutuhan pokok hari-hari. Utamanya bagi pekerja harian lepas.

“Maka dari itu, pemerintah juga harus memikirkan dampak ini,” katanya.

Pemerintah lanjutnya harus care memberikan suplay bahan pokok untuk masyarakat . Utamanya bagi warga tidak mampu. Dengan demikian, aturan pemerintah bisa dijalani, kebutuhan hari-hari untuk sementara juga tercukupi.

“Apa yang dilakukan ini sangat membantu kami ditataran masyarakat. selain pembersihan lingkungan dan menyemprot disenfektan di rumah warga dan rumah ibadah, ingin kami pemerintah ikut membantu menyalurkan bantuan bahan pangan. Utamanya bagi masyarakat yang bekerja sebagai buruh harian lepas,” tandasnya.(iza)

loading...