Tekan Laju Penyebaran Covid-19

 Henry Alpius

SEKADAU-Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau, Henry Alpius mengungkapkan pihaknya terus melakukan upaya antisipasi dalam menekan peningkatan kasus Covid-19 di Kabupaten Sekadau.

“Memang ini terjadi lonjakan kasus di seluruh kabupaten/kota, terutama pasca liburan panjang kemarin. Sekarang kita memang tidak bisa menghindarinya,  karena kondisinya sekarang adalah kluster-kluster keluarga,” jelas Henry.

Mengantisipasi lonjakan kasus tersebut, Henry memastikan pihaknya juga telah mengambil sejumlah langkah. “Diantaranya meningkatkan pelayanan kesehatan, dan menambah jumlah tempat tidur di ruang isolasi RSUD Sekadau,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya saat ini menganjurkan kepada dinas-dinas dan kantor-kantor untuk melakukan WFH minimal 50 persen. Kemudian menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, dan tetap menganjurkan pemerintah desa untuk pelaksanaan PPKM Mikro.

“Kami tetap melakukan trecking dan testing, kemudian menganjurkan isolasi mandiri bagi mereka yang positif tapi tanpa gejala. Sehingga yang datang ke rumah sakit yang betul-betul perlu di rawat di rumah sakit,” lanjutnya.

Untuk jumlah ketersediaan tempat tidur di RSUD Sekadau, saat ini ada 30 tempat tidur dan yang terisi 17 tempat tidur.

“Tingkat kematian, dalam satu minggu ini hampir setiap hari ada yang meninggal dengan kondisi ada komorbid. Oleh sebab itu ini menjadi perhatian kita semua, karena Covid-19 ini nyata,” tegasnya.

Ia memastikan saat ini tenaga kesehatan terus berupaya agar masyarakat dapat terus mendapatkan pelayanan kesehatan. Mengingat penyebaran virus Covid-19 tidak dapat dihindarkan.

Diketahui saat ini jumlah konfirmasi positif Covid-19 aktif di Kabupaten Sekadau adalah 37 kasus, dengan kasus meninggal dunia 27 kasus. (var)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!