Teknik Sipil Polnep Bantu Pembangunan Masjid

FOTO BERSAMA: Tim dan Monev PPM di depan Masjid Ar-Rahmah saat pelaksanaan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat beberapa waktu lalu. ISTIMEWA

Pengabdian Pada Masyarakat 

PONTIANAK Dalam rangka melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Pontianak melakukan Program Pengabdian Pada Masyarakat (PPM). Kegiatan yang diketuai oleh Ir. Rasiwan, MT, bersama dosen dan mahasiswa ini mengambil objek kegiatan di Masjid Ar- Rahmah, Jalan Tanggul Limbung, RT. 007/ RW. 006, Dusun III, Desa Sungai Rengas Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.

Dalam kegiatannya, Tim PPM memberikan pelatihan kepada masyarakat setempat berupa transfer ilmu pengetahuan dan teknologi tentang tata cara teknik pemasangan porselen yang baik dan benar yang langsung diaplikasikan pada lantai masjid yang berukuran 10 X 10 M2 di ruang jemaah shalat dan 4 x 4 di ruang Imam Shalat. Sehingga total yang dipersolen seluas 116 m2.

Ir. Rasiwan, MT, selaku ketua Tim PPM, dalam penjelasannya mengatakan bahwa dalam pemasangan porselen lantai, membutuhkan teknik keahlian dan ketelitian agar mendapatkan hasil yang bagus. Harus pandai menentukan jenis keramik yang dibutuhkan, apakah untuk lantai eksterior atau interior, luas permukaan yang akan dilapisi keramik, warna, ukuran, dan motif keramik. Kemudian metode atau cara pemasangan yang akan dilakukan juga harus kita perhitungkan dengan benar serta pola pemasangan yang diinginkan, apakah paralel atau diagonal, ungkapnya.

Rasiwan menambahkan, dipilihnya Masjid Ar- Rahmah ini sebagai kegiatan PPM, karena merasa terpanggil dan prihatin dengan pembangunan Masjid Ar-Rahmah yang sudah berlangsung 5 tahun dan belum rampung pembangunannya. Meskipun sudah bisa digunakan untuk sholat, namun lantai dan dinding belum terpasang porselen atau keramik serta pintu dan jendela.

“Alhamdulillah pengerjaan yang memakan waktu kurang lebih 6 bulan ini sudah selesai dan serah terima hasil kegiatan telah dilakukan 12 Oktober 2019 lalu. Semoga apa yang telah kami upayakan bersama warga masyarakat setempat semakin memberikan kenyamanan masyarakat Dusun III, Desa Sungai Rengas dan sekitarnya dalan menjalankan ibadah, pungkasnya. (ser/pms)

loading...