Tenaga Kesehatan akan Latih Pemulasaran Jenazah Covid-19

Martinus Khiu

BENGKAYANG – Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes dan KB) Kabupaten Bengkayang sebelumnya berencana akan melakukan pelatihan pemulasaraan jenazah Covid-19 bagi tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Bengkayang. Hal itu guna memberikan pemahaman dan edukasi terhadap nakes terkait pemulasaraan jenazah Covid-19.

Terkait hal tersebut, Komisi III DPRD Kabupaten Bengkayang, Martinus Khiu mendorong rencana kegiatan pemulasaraan tersebut. Dirinya menilai hal tersebut sangatlah penting dilakukan. Pasalnya, diingatkan dia, situasi pandemi Covid-19 masih kian melanda, dan angka terkonfirmasi covid-19 di Kabupaten Bengkayang masih terus bertambah. “Kegiatan tersebut harus dilakukan sesegera mungkin. Agar pemahaman nakes bertambah dan mumpuni,” katanya saat diwawancarai, Selasa (21/9).

Khiu menyebut, pemulasaraan jenazah merupakan ujung tombak penanganan Covid-19. Terutama, dia menambahkan, untuk melakukan pengelolaan atau perawatan jenazah yang mengacu pada prinsip keamanan dan keselamatan.

“Akhir pemutusan rantai penyebaran Covid-19 salah satunya dengan pemulasaraan jenazah yang sesuai SOP dan prosedur,” ucapnya. Ia menambahkan, pihak terkait segera merealisasikan hal tersebut, agar para nakes siap dan sigap sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

“Semoga angka kasus kematian dan terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bengkayang menurun dan ditekan,” tutupnya.

Sebelumnya, Pelaksanatugas (Plt) Kepala Dinkes dan KB Kabupaten Bengkayang, I Made Putra Negara mengatakan bahwa pihaknya berencana akan melakukan pelatihan pemulasaran jenazah Covid-19 bagi tenaga kesehatan (nakes) yang ada di Kabupaten Bengkayang. Hal tersebut dilakukan mereka dalam rangka memberikan pemahaman dan edukasi terkait pemulasaraan jenazah Covid-19.

Made menyebut, hingga sampai saat ini pihaknya, baik di Dinas dan puskesmas, belum pernah mengadakan pelatihan pemulasaran jenazah Covid-19. “Ke depan kita akan rencanakan pelatihan pemulasaran jenazah covid-19 tersebut,” terangnya.  (Sig)

error: Content is protected !!
Hubungi Kami!