Tenny; Pencegahan Covid-19, Stok Alkon Jangan Kosong

PONTIANAK-Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Kalimantan Barat Tenny Calvenny Soriton akan mendistribusikan alat kontrasepsi (Alkon) ke fasilitas kesehatan yang ada di 14 Kabupaten Kota di Kalbar. Menurutnya selama masa penanganan pencegahan virus covid 19 saat ini, stok Alkon di faskes jangan sampai kosong.

“Saya akan melihat data jumlah ketersediaan Alkon ditiap faskes yang ada di 14 Kabupaten Kota di Kalbar. Nanti Alkon yang sudah mau habis akan kembali kami distribusikan,” kata Kaper BKKBN Kalbar, Tenny Calvenny Soriton, Sabtu (4/4).

Ia ingin, setiap alkes yang ada juga tercukupi Alkonnya. Apalagi dalam penanganan pencegahan virus covid-19 sekarang, masyarakat diminta pemerintah untuk tetap di rumah. Bahkan ASN dan karyawan swasta diminta kerja di rumah.

Apa yang dilakukan pemerintah guna menekan penyebaran virus tidak semakin meluas. Karena aktivitas dilakukan kebanyakan di rumah, kemungkinan angka kehamilan bisa tinggi. Salah satu upaya menekan angka kelahiran, dapat dengan penggunaan alkon.

Iapun meminta ujung tombak BKKBN, yaitu petugas PLKB dapat melakukan sosialisasi jemput bola ke rumah masyarakat. Karena jika sosialisasi dilakukan dengan melibatkan kerumunan masyarakat ditakutkan dapat menjadi pemicu penularan virus covid-19.

Ditanya waktu pendistribusian Alkon ke faskes, dikatakan dia akan dilakukan secepatnya. Targetnya bulan ini (Maret). Kuncinya, jika data Alkon ditiap kabupaten kota sudah diterima, maka Alkon pun akan segera didistribusikan. “Kuota Alkon disetiap faskes tentu berbeda-beda. Semua ada hitungannya. Pastinya distribusi akan mencukupi kebutuhan Alkon disetiap faskes. Karena acuan distribusi dengan melihat data,” tandasnya.(iza)