Terpeleset, ABK Harapan Jaya Tenggelam

EVAKUASI: Tim SAR Gabungan saat mengevakuasi korban tenggelam di sekitar dermaga TPI Pontianak, kemarin (20/9). ISTIMEWA

PONTIANAK – Seorang anak buah kapal (ABK) KM. Harapan Jaya ditemukan tewas, setelah terjatuh ke sungai di sekitar Dermaga TPI (tempat pelelangan ikan) Pontianak, Minggu (20/9) pagi. Korban bernama M. Vijay (23) tersebut diketemukan tewas di sekitar 40 meter dari lokasi tenggelam, setelah dua hari pencarian oleh tim SAR gabungan.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Pontianak Yopi Haryadi menceritakan bahwa korban terjatuh dari kapal ikan, saat kapal ikan tersebut sedang bersandar di dermaga TPI pukul 21.10 WIB. “Sekitar pukul 21.10 WIB, kami menerima laporan tersebut,” katanya.

Berdasarkan laporan yang mereka terima, kejadiannya bermula saat korban bersama rekan lainnya sedang beristirahat di tepi dermaga. Menurut informasi yang mereka dapatkan, tiba-tiba korban terpeleset dan jatuh ke Sungai Kapuas. Menurutnya, teman korban yang mengetahui kejadian tersebut panik dan sempat melakukan upaya pencarian, namun usaha tersebut tidak menemukan korban.

Yopi mengatakan, tim SAR gabungan telah melakukan pencarian sejak malam terjadinya peristiwa tersebut. Tim SAR gabungan yang terlibat disebutkan dia, di antaranya Polair Kalbar, Polsek Pontianak Barat, Puskesmas Pontianak Barat, PSDKP Pontianak, dan rekan-rekan korban. Namun, upaya pencarian di hari pertama, diakui dia, tidak membuahkan hasil.

Pencarian korban pun dilanjutkan mereka pada hari berikutnya. Tim SAR gabungan melakukan penyisiran sejauh 3,6 kilometer, dan sekitar lokasi korban terjatuh. Upaya penyelaman untuk mencari korban pun dilakukan mereka.

“Alhamdulillah setelah melakukan pencarian di hari kedua ini tim SAR gabungan berhasil menemukan korban, korban berhasil ditemukan setelah sebelumnya dilakukan penyelaman oleh tim rescue berjarak  sekitar 40 meter dari lokasi tenggelam,” kata Yopi. Yopi mengatakan proses evakuasi berlangsung dengan aman dan lancar. (arf)

error: Content is protected !!