Tersandung Kasus Narkoba, Ijab Kabul Dalam Tahanan

Isak tangis pecah, saat JU (32) dan PS (28) mengikrarkan janji suci untuk sehidup semati saat akad nikah yang dilaksanakan di Aula Mapolres Sambas. Acara sakral ini digelar saat JU tersangkut kasus hukum. Bagaimana ceritanya?

FAHROZI, Sambas

Suasana suka dan duka bercampur, saat prosesi akad nikah antara JU (warga Pemangkat) dan PS (warga Salatiga) yang dilangsungkan di Aula Utama Mapolres Sambas, Jumat (10/1). Sejumlah pihak keluarga juga hadir, menyaksikan momentum tersebut.

Pihak keluarga kedua mempelai, sebenarnya sudah merencanakan tanggal pesta pernikahan pada 10 Januari 2020. Namun karena JU (mempelai laki-laki) tersandung kasus narkotika, ditahan sementara di sel Mapolres Sambas, akad nikah pun dilaksanakan di Mapolres Sambas.

Jeruji besi tak juga menghalangi keduanya untuk mengesahkan hubungan mereka menjadi sepasang suami dan istri. Terlebih, keduanya kuranglebih sudah dua tahun menjalin asmara. Bahkan sudah bertunangan.

“Kami (JU dan PS), sudah bertunangan (sebelum tersangkut kasus hukum), kemudian menentukan hari pernikahan yakni Jumat (10/1). Tapi karena masalah ini (kasus yang dihadapi), disepakati melaksanakan akad nikah, dan itu dilaksanakan di Mapolres Sambas dengan izin dari Kapolres Sambas,” kata JU, ditemui usai akad nikah yang digelar di aula utama Polres Sambas yang saat ini difungsikan sebagai masjid.

Prosesi akad nikah, dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. Keluarga atau wali dari keduanya, yakni wali dari JU dan Wali dari PS, bersama dengan pemandu akad atau Lebay dari Pemangkat, tiba di Polres Sambas. Wakapolres Sambas, Kompol Ridho Hidayat, Kasat Narkoba hadir di acara akad.

Layaknya akad nikah seperti biasanya, Syahrial menanyakan kepada kedua mempelai apakah ada wali dari masing-masing. Dilihat sudah ada, kemudian Syahrial memulai acara akad. “Kami beri waktu untuk menghafal bunyi ijab kabul yang harus diucapkan mempelai perempuan dan laki-laki,” katanya. Bahkan, untuk meyakinkan, ke duanya juga dites terlebih dahulu sebelum benar-benar dilaksanakan.

Read Previous

Keluhkan Harga Pakan Mahal

Read Next

Cegah Kades Berpolitik Praktis; Manfaatkan Peran Panwascam dan Medsos

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *