Tertib Berlalu Lintas Sejak Dini

HELMET: Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono memasang helmet pada seorang pelajar yang mendapat helme gratis SNI.HUMAS PEMKOT PONTIANAK 

PONTIANAK – Menanamkan tertib berlalu lintas mesti dilakukan sejak dini. Selain kelengkapan kendaraan, helmet menjadi penting buat keamanan kepala. Melalui sosialisasi penggunaan helm pada pelajar oleh Satlantas dan Pemkot Pontianak diharapkan kesadaran itu semakin mengakar
Satrio, pelajar SMP 2 Pontianak, tersenyum sumringah usai mendapat satu helmet Berstandar Nasional Indonesia ketika acara peluncuran penggunaan helm anak belum lama ini, di halaman SMPN 2 Pontianak.

“Sosialisasi helmet buat anak ini tak saya ketahui. Yang saya tahu ada pelaksanaan kegiatan seni dan budaya di sekolah. Rupanya, ada banyak helm dibagikan kepada para pelajar. Saya kebagian satu bang,” ungkap Satrio kepada Pontianak Post.

Tentunya pembagian hadiah helmet SNI ini akan digunakannya ketika berkendara bersama orang tua. Baik ke sekolah ataupun ke tujuan lain.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menuturkan, pembagian helmet gratis SNI diperuntukkan untuk para pelajar. Tujuannya guna mensosialisasikan pada anak agar tertib berlalu lintas sedari kecil.
“Ini sebagai bentuk edukasi sejak dini kepada anak-anak akan pentingnya ketertiban berlalu lintas. Dengan demikian, mereka sejak dini sudah memahami pentingnya penggunaan helmet bagi keselamatan mereka saat berada di kendaraan,” katanya.

Edi mengajak para orang tua sejak dini mengenalkan kepada anak-anaknya akan pentingnya menggunakan helmet. Membiasakan anak-anak menggunakan helmet saat berkendara merupakan bentuk edukasi tertib berlalu lintas. “Jadi, tidak hanya orang tuanya saja yang menggunakan helmet, anak-anak yang ikut berboncengan pun harus menggunakan helmet demi keselamatan di jalan raya,” tuturnya.

Kasat Lantas Polresta Pontianak, Kompol Syf Salbiah menjelaskan, latar belakang digelarnya peluncuran Helmet Children ini karena hasil analisa dan evaluasi dari Lakalantas, korban fatalitas sekitar 50 persen akibat tidak menggunakan helmet standar. “Untuk itulah, kami melakukan peluncuran Helmet Children dengan membagikan gratis helmet anak-anak kepada siswa sekolah dasar,” katanya.

Menurut Salbiah, pembagian helmet anak-anak ini sebagai bentuk edukasi sejak dini dengan mengenalkan mereka helmet standar SNI. Kegiatan ini diharapkannya memberikan dampak positif yang sangat besar. “Kalau anak-anak saja sudah menggunakan helmet standar, apalagi orang dewasa,” sebutnya.

Program ini menyasar anak-anak usia sekolah seiring dengan program Polisi Sahabat Anak. Dengan anak-anak mengenakan helmet standar, akan memberikan contoh bagi orang dewasa untuk menggunakan helmet standar SNI. “Kalau anak sudah tertib dalam berlalu lintas, tentu orang tuanya harus lebih tertib lagi,” ungkapnya.(iza)

Read Previous

Rumah Terbakar Meteran Listrik Ikut Meledak

Read Next

Baru Berpisah Sehari, Rindu Latihan dan Makan Bersama

Tinggalkan Balasan

Most Popular