TGTC : KPP Singkawang Ajak STKIP Sadar Pajak

KELAS PAJAK: Suasana kegiatan TGTC di STKIP Singkawang yang diikuti para mahasiswa dengan antusias. IST

SINGKAWANG – Tax Goes To Campus (TGTC) merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Singkawang. Kali ini, TGTC dilaksanakan di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang, Kamis (26/11). Acara tersebut dihadiri oleh 40 mahasiswa.

TGTC 2020 diawali dengan pembukaan, yakni menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan menonton video amanat Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo. Dalam amanatnya, Suryo Utomo mengimbau masyarakat untuk tidak memberikan gratifikasi dalam bentuk apapun kepada pegawai pajak serta menginformasikan layanan pengaduan pajak di Kring Pajak 1500200.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan plakat serta sambutan-sambutan. “Kami berterima kasih kepada pihak STKIP yang turut berpartisipasi dalam TGTC kali ini. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan kita bisa sama-sama belajar dan sadar akan betapa pentingnya pajak,” ujar Iwan Tarto Timur Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penilaian KPP Pratama Singkawang dalam sambutannya.

Pada sesi pemaparan materi, materi yang disampaikan kepada peserta adalah mengenai kesadaran pajak, subjek pajak dan wajib pajak, situs untuk mengenal perpajakan di edukasipajak.go.id, serta materi tentang hak dan kewajiban perpajakan bagi wajib pajak yang telah memiliki NPWP.

“Seperti yang teman-teman bisa lihat, penerimaan negara kita lebih dari 70% berasal dari penerimaan pajak. Namun, sangat sulit untuk mencapai target penerimaan pajak setiap tahun sebab kesadaran masyarakat sangat rendah. Oleh karena itu, sebagai generasi muda sudah seharusnya kita sadar akan pentingnya pajak,” jelas Yudistira Oktapriwan Account Representative KPP Pratama Singkawang.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.  Para mahasiswa pun antusias mengajukan berbagai pertanyaan kritis tentang pajak. Setelah sesi tanya jawab, seluruh peserta mengikuti kuis pajak yang dapat diakses melalui ponsel masing-masing. Selain itu, panitia juga mengadakan lomba pantun pajak dan memberikan hadiah menarik kepada seluruh pemenang games.

Jalan-jalan ke Keraton Sambas, janganlah singgah lamak-lamak. Generasi kite tok be cerdas-cerdas, ape agik kalo tentang pajak.” ujar perwakilan kelompok 1 selaku pemenang pantun pajak.

Acara TGTC ditutup dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang. “Terima kasih atas partisipasinya, semoga acara ini bermanfaat bagi kita semua, sampai jumpa! Generasi Cerdas, Sadar Pajak!” tutup Rachel dan Satria selaku pembawa acara.*

 

error: Content is protected !!