Tim Gabungan Gelar Operasi Masker

RAZIA MASKER: Tim Gabungan TNI, Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kota Singkawang menggelar operasi masker gabungan di Jalan Budi Utomo, ISTIMEWA

SINGKAWANG – Tim Gabungan TNI, Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kota Singkawang menggelar operasi masker gabungan di Jalan Budi Utomo, Minggu (25/10). Kepala Bidang Sumber Daya Aparatur dan Tindak Internal Satpol PP Singkawang, Nursahid mengatakan operasi gabungan menyasar kepada pengguna kendaraan bermotor yang tidak menggunakan masker.

“Dalam operasi ini kami temukan 55 pelanggar protokol kesehatan yang kedapatan tidak menggunakan masker,” kata Nursahid.

Pihaknya, memberikan sanksi kepada pelanggar protokol kesehatan berupa sanksi kerja sosial serta menandatangani surat pernyataan. “Kita berikan sanksi seuai dengan Perwako 49 tahun 2020. Berupa teguran tertulis, kerja sosial dan menandatangi surat pernyataan,” ujarnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat Kota Singkawang untuk terus disiplin menjalankan protokol kesehatan. “Ini sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran covid 19. Apalagi saat ini Singkawang berada di Zona Kuning, tentu saja dengan upaya kita bersama, maka Singkawang akan kembali ke Zona Hijau,” katanya.

Diketahui, dalam operasi gabung tersebut diterjunkan sebanyak 50 personil, terdiri dari Satpol PP 30 personil, Kodim 1202 Singkawang 7 Personil, Polsek Singkawang Barat 3 Personil, Dishub 5 personil dan Sat Lantas Polres Singkawang 5 personil.

Salah satu warga, Saidi warga Kecamatan Selatan menyambut baik operasi gabungan mengingat tidak hanya Singkawang, melainkan di dunia masih memerangi Covid-19. Oleh sebab itu kegiatan seperti ini terus dilakukan. “Karena kadang kebiasaan penggunaan masker belum mengakar baik bagi diri sendiri sampai ke masyarakat,” ujarnya.

Terkait sanksi diberikan, ia tidak terlalu mempermasalahkan bentuk sanksi asalkan tidak melanggar ketentuan yang ada.  Karena apa yang dilakukan pemerintah tentu demi kebaikan bersama.  “Mau tidak mau harus dilakukan. Selaku masyarakat saya menerima,” katanya.

Menurutnya penggunaan masker ini perlu digalakkan karena demi keselanatan diri agar tak tertular Covid-19. Ia setuju bahwa masyarakat tidak boleh lengah dengan kondisi pandemik saat ini.  (har)

error: Content is protected !!