Tim Provinsi Nilai Satger PKK KKBPK Kesehatan Tingkat Kota Singkawang

PENILAIAN: Tim Penilai Tingkat Provinsi Kalimantan Barat telah melakukan penilaian pada Satuan Gerak (Satger) PKK Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Kesehatan Kota Singkawang untuk tingkat Provinsi Kalbar.HARI K/PONTIANAK POST 

SINGKAWANG — Ketua Tim Penggerak PKK Kota Singkawang, Juli Wahyuni mengatakan Tim Penilai Tingkat Provinsi Kalimantan Barat telah melakukan penilaian pada Satuan Gerak (SATGER) PKK Kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga KKBPK Kesehatan Kota Singkawang untuk tingkat Propinsi Kalbar.

Hal tersebut diungkapkan Juli disela mengikuti Musyawarah Rencana Pembangunan (Mesrenbang) Kecamatan Singkawang Selatan, Kamis (13/2). Juli menjelaskan Kegiatan Kesatuan Gerak  (Satger) PKK KB-Kesehatan telah diselenggarakan sejak tahun 1994. Kegiatan tersebut merupakan keterpaduan lintas sektor yang dimotori oleh PKK dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat, dengan tujuan dapat meningkatkan taraf kesehatan masyarakat, pemberdayaan keluarga di bidang ekonomi serta menjadi peserta KB.

“Masih adanya permasalahan gizi dan kesehatan menyadarkan kita kembali untuk terus meningkatkan kualitas pemberdayaan masyarakat baik secara tehnis maupun administrasi. Pemanfaatan semua potensi di masyarakat seperti hasil pemanfaatan pekarangan, pemeliharaan ternak, pemanfaatan  data posyandu dan keterampilan kader, yang dapat diarahkan untuk meningkatkan kualitas gizi dan kesehatan keluarga sehingga pada akhirnya  masyarakat menjadi mandiri dan berdaya untuk hidup sehat” kata Juli.

Lebih lanjut juli mengatakan tujuan dari gerakan tersebut adalah untuk  meningkatkan cakupan pelayanan yang berkualitas dalam program pemberdayaan kesejahteraan keluarga, KB dan kesehatan. “Melalui program Satger PKK KKBPK juga untuk  meningkatkan beberapa komponen antara lain kemitraan PKK-BKKBN-Kesehatan, organisasi masyarakat, LSM dan swasta,  jumlah kelompok dasa wisma, kualitas dan kuantitas posyandu, jumlah rumah tangga yang berPHBS, peserta KB baru, kualitas pemberdayaan dan ketahanan keluarga melalui bina – bina keluarga serta melaksankan lomba kesatuan gerak PKK KKBPK kesehatan, PHBS, LBS, posyandu, BKB dan dasa wisma,” ungkap Juli.

Juli menegaskan keseluruhan rangkaian pelaksanaan kegiatan Kesatuan Gerak PKK KKBPK Kes dilaksanakan dengan tekad semangat yang tinggi untuk memberikan kontribusi yang sebesar-besarnya terhadap upaya peningkatan kualitas manusia khususnya di kota Singkawang.

“Semoga pada penilaian tahun ini Kota Singkawang tetap mendapatkan hasil terbaik sebagaimana tahun sebelumnya, dimana Kota Singkawang telah meraih Pelaksana Terbaik PKK KKBPK Kesehatan sebagai juara 1 masing-masing Posko dan Posyandu, yaitu posko Kecamatan Singkawang Barat, posko Kelurahan Sekip Lama Kec. Singkawang Barat dan Posyandu Anggrek Biru” harap Juli.

Di tempat terpisah ketua kelompok Kerja (Pokja) IV Tp. PKK Kota Singkawang, AS’ari Arhap  menjelaskan Kegiatan satger PKK KKBPK kesehatan dilaksanakan mulai dari tanggal 1 Oktober sampai dengan 31 Desember 2019, yang dilakukan secara terpadu dengan instansi/OPD terkait, organisasi pemerintah/ swasta/ kemasyarakatan/LSM.

“Rangkaian kegiatan Satger PKK kesehatan sesuai dengan rumusan hasil pertemuan Orientasi dan koordinasi Satger PKK KKBPK Kesehatan tingkat Propinsi Kalbar, yang dilaksanakan pada tanggal 16 – 17  Juli 2019 antara lain membentuk tim pelaksana satger PKK KKBPK Kesehatan yang terdiri dari unsur PKK dan sektor terkait  dan melakukan pelaksanaan mulai dari pencanangan, pelaksanaan, penilaian dan evaluasi, pencanangan kegiatan Safari PKK KB kes Tk kota Singkawang dimulai pada tanggal 15 Oktober 2019 di Kecamatan Singkawang Barat bersamaan dengan peringatan hari cuci tangan pakai sabun se dunia yang dihadiri oleh wakil walikota Singkawang” kata As’ari

As’ari mengatakan dalam kegiatan tersebut juga dilakukan lomba gelar produksi dan produk unggulan (Pokja 2) yang diikuti oleh semua kecamatan yang ada di kota Singkawang serta deklarasi inovasi Sebatik ( sekolah ku bebas jentik ) oleh puskesmas Singkawang Barat. Serta melaksanakan Safari PKK KKBPK Kesehatan di 5 Kecamatan, yang dilaksanakan pada tanggal 29 Oktober – 5 November 2019.

“ Tim juga melaksanakan pembinaan pemberdayaan dasawisma, integrasi kampung KB, integrasi pelayanan sosial dasar di posyandu yang mengacu kepada posyandu holistik integrative serta pencegahan stunting, serta pembinaan kelompok PHBS dan LBS, yang dilaksanakan segera setelah  Safari, diawal Nevember hingga awal Desember 2019” jelas As’ari. (har)

Read Previous

Dompet Digital Makin jadi Pilihan

Read Next

Tembang P Ramlee Menggema di Aula

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *