Tindak Lanjut Kampung KB

Rumah Dataku Desa Tempunak Pertama di Kalbar

SINTANG-Desa Pagal Baru Kecamatan Tempunak Kabupaten Sintang kini miliki pusat data yang diberi nama “Rumah Dataku”. Di Rumah Dataku terdapat beragam informasi tentang desa setempat. Rumah Dataku dibentuk sebagai tindak lanjut dari pembentukan Kampung KB Pagal Baru yang telah dicanangkan sejak setahun lalu.

Sarifudin Staf Ahli Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan Sintang mewakili Bupati Sintang menuturkan, peluncuran Rumah Dataku merupakan sesuatu yang patut diapresiasi. Adanya pusat data ke depan akan membantu masyarakat setempat mendapatkan segala informasi.

Diketahui, Rumah Dataku dibentuk sebagai tindak lanjut dari pembentukan Kampung KB di Desa Pagal Baru setahun lalu. “Diharap peran aktif masyarakat untuk terus melakukan pembaruan data di desa tersebut mesti dilakukan,” ungkapnya saat menghadiri peresmian Rumah Dataku Desa Pagal Baru Kecamatan Tempunak, Kamis (5/9).

Dari penjelasan Kaper BKKBN Kalbar, Rumah Dataku yang dibangun ini merupakan kali pertama yang ada di Kalbar. Dia berharap ke depan pembentukan Rumah Dataku seperti ini dapat menular di desa-desa di Sintang.

Untuk membangun Rumah Dataku, utamanya di Desa wilayah Sintang bukanlah persoalan mudah. Aliran listrik yang hanya hidup ketika malam hari jadi soalnya. “Listrik masih menjadi PR kami. Apabila listrik teraliri 24 jam maka pembentukan Rumah Dataku akan bisa dibangun,” katanya.

Adanya Rumah Data juga mempermudah semua orang untuk mencari informasi. “Aksesnya bisa dibuka di pusat. Seperti angka kelahiran kematian dan keterkaitan dengan kependudukan semua terkoneksi,” katanya.

Keterkaitannya dengan Kependudukan dan Keluarga Berencana pesannya kepada para penyuluh KB diminta dia dapat menyebarkan informasi tentang program tersebut kepada masyarakat. Setelah ditularkan kepada masyarakat diminta dia masyarakat kembali lagi menyebarkan informasi itu di lingkungan masing-masing.(iza)