Tinggal Tunggu Persetujuan Kemen-PAN

FOTO BERSAMA: Wakil Bupati Kayong Utara Effendi Ahmad diabadikan bersama Kepala Kantor SAR Pontianak Yopi Hariadi, usai pertemuan di ruang kerja Wakil Bupati di Kantor Bupati, Kamis (20/2).  HUMASKAB FOR PONTIANAK POST

Realisasi Pembangunan Pos SAR

SUKADANA –  Operasionalisasi Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) di Kayong Utara, sejauh ini tinggal menunggu persetujuan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen-PAN-RB). Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor SAR Pontianak, Yopi Haryadi, usai bertemu dengan Wakil Bupati (Wabup) Effendi Ahmad, Kamis (20/2) di ruang kerja Wabup.

“Kami juga sudah mengusulkan untuk membangun Pos SAR di Kayong Utara ini ke pihak Kemen-PAN-RB. Sekarang kita sedang menunggu persetujuan. Apabila itu sudah disetujui oleh Kemen-PAN-RB, maka kita akan bertahap untuk memulai operasionalnya, mulai dari penempatan personel, maupun pembangunan sarana dan prasarananya,” tutur Yopi ditemui usai menghadap Wabup.

Yopi sendiri menjelaskan bahwa kunjungan pihaknya ke Kayong Utara tersebut untuk berkoordinasi dan bersinergi bersama Pemda Kayong Utara, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Kunjungan kami ke Kayong Utara ini bermaksud untuk berkoordinasi dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah Kayong Utara, yang dalam hal ini kami disambut oleh Wakil Bupati dan kami ingin bersama-sama dengan Pemda Kayong Utara untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, terutama untuk kegiatan pencarian dan pertolongan apabila terjadi kecelakaan transportasi, bencana, dan juga kondisi yang membahayakan jiwa manusia lainnya,” ungkap Yopi.

Pada kunjungannya ke Kayong Utara ini, Yopi beserta rombongan didampingi Kepala BPBD Kayong Utara Muhammad Oma, Camat Teluk Batang, Danramil Teluk Batang, serta Kepala Desa Teluk Batang. Sebelumnya mereka melaksanakan peninjauan lokasi pembangunan Pos SAR di Teluk Batang.

Dalam pertemuan tersebut, Wabup Effendi Ahmad mengungkapkan keseriusan rencana kerja sama Pemkab Kayong Utara dengan Basarnas. Keseriusan tersebut, menurut dia, diperlihatkan dengan menghibahkan lahan untuk dibangun Pos SAR di Teluk Batang. Ketika menerima kedatangan Kepala Kantor SAR Pontianak, dia memberikan apresiasi kepada pihak Basarnas yang dengan serius untuk membangun Pos SAR di Kayong Utara.

“Atas nama Pemerintah Daerah Kayong Utara, saya memberikan apresiasi dan terima kasih sebesar-besarnya kepada Kepala Kantor SAR Pontianak, Kalimantan Barat, yang telah berkunjung dan serius dalam upaya untuk membangun Pos SAR di Kayong Utara. Ini merupakan kunjungan yang ketiga kalinya, dan semuanya membahas tentang kerja sama antara Pemda Kayong Utara dengan Basarnas terkait tentang pembangunan Pos SAR di Kayong Utara,” terang Wabup.

Wabup menjelaskan bahwa Pemkab akan menyiapkan tempat sementara untuk ditempati oleh Tim SAR di Kayong Utara. “Sesuai dengan hasil kunjungan beberapa waktu yang lalu, kita juga sudah menetapkan lokasi pembangunan Pos SAR yaitu di Teluk Batang, dan apabila ini terealisasi, maka kita akan menyiapkan tempat sementara yaitu eks Pos Dinas Perhubungan yang berada di Pelabuhan Teluk Batang, yang bisa dimanfaatkan oleh teman-teman SAR untuk dijadikan pos sambil menunggu pembangunannya selesai,” ujar Wabup. (dan /humas)

loading...