Tingkatkan Kepatuhan Pajak, Beri Bimtek pada Himpaudi

pajak

BIMTEK: KPP Pratama Sintang memberikan bimtek pengisian pelaporan SPT tahunan kepada Himpaudi di Aula KPP Pratama Sintang, Kamis (5/9). IST

KPP PRATAMA SINTANG

SINTANG-Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sintang memberikan bimbingan teknologi (bimtek) terkait pengisian pelaporan surat pemberitahuan (SPT) tahunan kepada Himpunan Tenaga Pendidik Anak Usia Dini (Himpaudi) di Aula KPP Pratama Sintang, Kamis (5/9).

Pelaksana Harian Kepala KPP Pratama Sintang Awal Pribadi mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak (WP) dan bertujuan untuk mengenalkan kepada WP bahwa pegawai pajak itu bersahabat dengan masyarakat.

“Ketika yayasan sudah ber-NPWP dan digunakan untuk melaksanakan kegiatan belajar baik TK atau PAUD, ada kewajiban perpajakan yang harus dilaksanakan misalnya pengisian SPT Tahunan atau SPT Masa,” ujar Awal.

Himpaudi adalah suatu organisasi independen dan legal yang menghimpun unsur pendidikan dan tenaga kependidikan anak usia dini. Sebelum diberikan bimtek, para peserta terlebih dahulu diberikan materi dasar tentang perpajakan.

Awal menyampaikan, pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang Undang, dengan tidak mendapat timbal balik secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat sesuai dengan Pasal 1 angka 1 UU No. 6 Tahun 1983 sebagaimana telah diubah dengan UU No. 28 Tahun 2007.

Acara ini bertema Lebih Dekat Dengan Pajak. “Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini kita yang ada di ruangan bisa menyampaikan kepada teman-teman bahwa tidak seperti yang kami bayangkan kok kalau berurusan dengan kantor pajak bahkan kita mendapatkan sambutan hangat, kita juga mendapat bimbingan,” kata Sari, Perwakilan Himpaudi Sintang.

Materi bimtek disampaikan Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan Bramasto Aditomo. Bram menjelaskan bahwa pajak itu tidak serumit yang dipikirkan orang-orang. “Sebenarnya kalau Anda sudah lebih dekat dengan kami, ini kami sampaikan saja bahwa perhitungan pajak itu tidak rumit, administrasi tidak rumit kalaupun ada kesulitan kami siap memberikan asistensi dalam pengisian,” kata Bram.

Setelah penyampaian materi, Account Representative (AR)  memberikan bimbingan pelaporan SPT Tahunan kepada para peserta sehingga peserta dapat melaksanakan kewajiban pelaporan  SPT. Sebelum acara berakhir, para AR mengingatkan kepada peserta tentang kewajiban yang harus dilakukan sebagai warga negara yaitu taat pajak. (r/*)

Read Previous

Selamat Jalan Bapak Teknologi

Read Next

Menu Mewah Asia Timur, Lezat Tanpa Garam

Tinggalkan Balasan

Most Popular