Tingkatkan Keterwakilan Perempuan dalam Politik

SAMBUTAN: Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan saat menyampaikan kata sambutan pada kegiatan Kesbangpol Kalbar, kemarin (5/3). IST

Kesbangpol Kalbar Gelar Pendidikan Berpolitik
 
PONTIANAK Untuk meningkatkan peranan perempuan dalam eksistensinya di bidang politik, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalbar mengadakan kegiatan pembinaan pemberdayaan perempuan di bidang politik yang berlangsung di Hotel Orchardz, Jalan Perdana Pontianak, Kamis (5/3).

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini berasal dari perwakilan Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar, Tim PKK Kota Pontianak, Tim PKK Kabupaten Kubu Raya, Dharma Wanita Provinsi, Dharma Wanita Kesbangpol Provinsi Kalbar serta organisasi wanita lainnya dengan narasumber dari Universitas Tanjungpura dan Komisi Pemilihan Umum Kalbar. Kegiatan yang mengambil tema “Peran Perempuan dalam Percaturan Politik” ini dibuka Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan.

Dalam sambutannya, Ria Norsan mengatakan bahwa kesetaraan gender dalam bidang politik telah diakui negara dan terdapat pada Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2005 tentang Pengesahan International Convention On Civil And Political Rights (Konvensi Internasional mengenai Hak-Hak Sipil dan Politik).

Dimana pada undang-undang tersebut, mengisyaratkan bahwa perempuan memperoleh kuota sebesar 30% untuk berkarier dibidang politik, baik legislatif maupun eksekutif. Namun di dalam praktiknya itu masih kurang dari 30%.
“Sebagai gambaran saja bahwa dari 500 sekian anggota DPRD di Kalbar, baru 45 anggota yang perempuan, Jadi sangat kurang,” katanya. “Untuk itu kita minta kepada ibu-ibu yang ada di Kalbar ini untuk berperan aktif dan berpartisipasi mengisi kuota yang kurang itu,” pungkasnya. (ser/pms)

loading...