Tingkatkan Pelayanan, Credit Union Keling Kumang Buka BO Baru

BO CUKK TERMUDA: Pembukaan selubung billboard saat peresmian BO Tapang Pulau di Kecamatan Belitang Hilir, Kabupaten Sekadau, 16 Agustus lalu. ISTIMEWA

Kiprah Credit Union Keling Kumang

SEKADAU – Ketua Dewan Pengurus Credit Union Keling Kumang (CUKK), Mikael, menginformasikan bahwa mereka semakin banyak mengisi wilayah-wilayah kosong pelayanan, terutama pada kawasan pedalaman. Dengan begitu, mereka semakin mendekatkan diri dengan para anggotanya di pedalaman. Ini semakin memperlihatkan bahwa mereka dilahirkan dan dibesarkan di pedalaman, dengan anggota sekitar 80 persen dari warga pedalaman.

Dengan diresmikannya Branch Office (BO) Tapang Pulau oleh Camat Belitang Hilir Sekeresno Benyamin, pada 16 Agustus lalu, dia mengungkapkan bahwa jumlah BO CUKK seluruhnya menjadi 65 unit. Jumlah ini dipastikan dia tersebar di enam kabupaten/kota, yakni Kabupaten Sintang sebanyak 25 BO, Kabupaten Kapuas Hulu (10 BO), Kabupaten Sekadau (12 BO), Kabupaten Melawi (9 BO), Kabupaten Sanggau (7 BO), dan di Kota Pontianak, 2 BO.

CUKK dipastikan dia juga hadir di daerah-daerah terpencil. Dicontohkan dia di Desa Pelaik Keruap, sebuah desa yang berada di ruas jalan antara Kecamatan Kayan Hulu dan Kecamatan Serawai, Kabupaten Sintang. Mereka menjangkau sebuah jalur darat tersepi, yang karena kondisi dan letak geografisnya nyaris tidak pernah dilalui kendaraan roda empat. Pelayanan CUKK juga dipastikan dia ada di Desa Langan, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Melawi. Mereka menyentuh sebuah desa di kaki Bukit Saran dan merupakan jalan buntu jalur darat.

“Hadirnya BO-BO di dalam kota, juga atas permintaan anggota di pedalaman. Karena kebutuhan para anggota yang akan melakukan transfer untuk anak-anaknya yang sekolah di kota. Biasanya anggota yang menjual hasil bumi di kota, uangnya akan ditransfer melalui BO dalam kota ke alamat BO dimana dirinya menjadi anggota,” kata Mikael saat ditemui di Sintang, Jumat (22/8) lalu.

Sementara itu, Menurut CEO CUKK Valentinus, di lima kabupaten bagian timur Kalimantan Barat (Kalbar), banyak warga yang keluar-masuk Sarawak. Ada yang karena alasan tertentu, saat keluar melalui Pos Lintas Batas (PLB) Entikong dan saat kembali ke Kalbar masuk melalui PLB Badau atau sebaliknya. Pelayanan CUKK juga ada sepanjang jalur dari batas negeri ke batas negeri ini.

Mata rantai tempat pelayanan ini, mulai dari Entikong – Balai Karangan, Kembayan, Kota Sanggau, Kota Sekadau, Simpang Kayu Lapis, Simpang Manis Raya, Lengkenat, Simpang Pinoh, kota Sintang, Kelam, Silat, Belikai, Tekalong, Kota Putussibau, Banua Martinus, Lanjak dan Badau. Jika PLB Sungai Kelik di Ketungau Hulu kabupaten Sintang telah dibuka, di jalur ini pun sudah ada BO Binjai Hulu, BO Labung Ladja Kedembak Air Tabun, BO Pintas Keladan, dan ke BO Senaning. “Bagi pengguna produk Simpanan Harian CUKK, akan dimanjakan dengan mata rantai tempat pelayanan ini. Bagi yang kehabisan ongkos di perjalanan, pada jam kerja dapat menarik simpanannya di sepanjang jalur dari batas negeri ke batas negeri,” tutur Valentinus. (pms/ser)

Read Previous

Jumlah Peserta Meningkat Dari Sebelumnya

Read Next

Pakai Kantong Plastik Bekas Pisang, agar tidak Basah Kuyup

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *